Sejumlah Desa/Kelurahan di Kota Banjar Belum Lunasi PBB-P2 2019

Hingga bulan Januari tahun 2020, sejumlah desa/kelurahan di Kota Banjar, Jawa Barat, belum melunasi Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan-Perkotaan (PBB-P2) tahun 2019.
Hingga bulan Januari tahun 2020, sejumlah desa/kelurahan di Kota Banjar, belum melunasi Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan-Perkotaan (PBB-P2) tahun 2019. Photo: Ilustrasi.

Berita Banjar (harapanrakyat.com),- Hingga bulan Januari tahun 2020, sejumlah desa/kelurahan di Kota Banjar, Jawa Barat, belum melunasi Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan-Perkotaan (PBB-P2) tahun 2019.

Hal itu dikatakan Kepala Bidang Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah DPPKAD Kota Banjar, Fauzi Efendi, kepada HR Online, saat ditemui di kantornya, Jum’at (24/01/2020).

“Memang masih ada beberapa yang belum melunasi atau ada keterlambatan, tapi ada juga yang sudah lunas lebih awal, yakni wilayah Kecamatan Langensari,” terangnya.

Sejumlah desa yang belum melunasi PBB-P2 itu diantaranya Desa Batulawang, Desa Balokang, Kelurahan Banjar, Kelurahan Hegarsari, dan Kelurahan Pataruman.

Adapun yang menjadi penyebab terjadinya keterlambatan, lanjut Fauzi, karena pemilik wajib pajak berada di luar Banjar, sehingga menghambat petugas ketika melakukan penarikan.

“Untuk desa dan kelurahan yang terlambat itu, nanti akan dikenakan denda sebanyak dua persen dari ketetapan wajib pajak,” katanya.

Fauzi menyebutkan, target capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Banjar dari sektor (PBB-P2) pada tahun 2019 tercapai 98 persen atau sekitar Rp 3 miliar, dari target yang ditetapkan sebesar Rp 3,2 miliar.

Jumlah sebesar itu yang sudah masuk dari 25 desa/kelurahan yang ada di Kota Banjar pada tahun 2019. Untuk memaksimalkan PAD dari sektor (PBB-P2) tahun 2020 ini, pihak Pemkot Banjar akan lebih intensif melakukan penagihan wajib pajak.

Selain itu, juga mempermudah akses pembayaran kepada warga dengan cara membuka layanan online, sehingga tidak ada alasan lagi keterlambatan pembayaran PBB.

“Akses pembayaranya dipermudah, jadi tidak hanya di bank BJB saja, tapi juga bisa melalui aplikasi Bukalapak atau layanan digital,” terangnya.

Diketahui, pembayaran jatuh tempo Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan-Perkotaan tahun 2019, sebagaimana dicanangkan Walikota Banjar bahwa paling lambat tanggal 30 September tahun 2019.

Namun, hingga tahun 2020 ini masih ada beberapa desa/kelurahan yang belum melunasi kewajiban pembayaran PBB-P2 tersebut. (Muhlisin/R3/HR-Online)

Loading...