Seni Lengser Diperankan Siswa SD di Ciamis Curi Perhatian

Seni Lengser
Seni lengser diperankan siswa SDN 1 Kawali Ciamis saat peresmian RKB oleh Bupati Ciamis, Kamis (16/1/2020). Foto: Edji/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Seni lengser yang diperankan siswa SD di acara peresmian RKB (Ruang Kelas Baru) Sekolah Dasar Negeri 1 Kawali, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, mencuri perhatian penonton dan tamu undangan, Kamis (16/01/2020). 

Baca Juga: Resmikan RKB SDN 1 Kawali Ciamis, Bupati Prioritaskan Pembangunan Pendidikan

Iding, salah satu tamu undangan, mengatakan, kehadiran si Lengser dalam menyambut kedatangan Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya betul-betul menarik dan mencuri perhatian penonton dan para tamu undangan.

“Selain hanya berpakaian baju kampret dan celana pangsi, gerakan tarian yang lucu, si Lengser juga berperan memberi sambutan dengan dubbing. Sangat lucu sehingga membuat para tamu undangan dan penonton tertawa,” kata Iding.

Iding mengatakan, seni lengser merupakan upacara penyambutan tamu agung di zaman kerajaan, namun masih digunakan sampai saat ini.

“Konon menurut cerita, lengser merupakan intelijen negara yang datang lebih awal sebelum raja datang ke lokasi acara,” terang Iding.

Lengser kadang juga berperan sebagai telik sandi atau mata-mata. Dia akan memberikan isyarat kepada raja untuk segera datang apabila persiapan acara sudah matang.

“Saat ini seni lengser sudah dimodifikasi sesuai kebutuhan. Penyambutan lengser tidak hanya terhadap tamu agung seperti pejabat pemerintahan, namun juga digunakan pada acara hajatan pernikahan,” kata Iding.

Iding menambahkan, kehadiran seni lengser di acara peresmian RKB SDN 1 Kawali betul-betul menarik perhatian penonton.

“Lengsernya memiliki karakteristik yang lucu, polos dan unik. Wajar kehadirannya dapat mencuri perhatian, apalagi diperankan oleh anak Sekolah Dasar,” pungkasnya. (Edji/R7/HR-Online)

Loading...