Sepi Pengunjung, Nelayan Tangkap Ikan di Pantai Barat Pangandaran

Sepi Pengunjung, Nelayan Tangkap Ikan di Bibir Pantai Barat Pangandaran
Beberapa orang nelayan nampak tengah menangkap ikan di bibir pantai Barat Pangandaran, dengan menggunakan jala dan jaring “ered”, Selasa (28/1/2020). Foto:Entang/HR

Berita Pangandaran (harapanrakyat.com).- Pantai Pangandaran akhir-akhir ini sepi pengunjung, apalagi hari-hari biasa (bukan week end). Hal ini dimanfaatkan oleh nelayan setempat, untuk menangkap ikan di bibir pantai Barat Pangandaran, yang biasa dijadikan tempat berenang para pengunjung.

Para nelayan menangkap ikan di bibir pantai dengan menggunakan jala dan jaring “ered”. Salah satu nelayan, Wawan Sutisna mengatakan, dirinya baru bisa menjala ikan di pantai Barat Pangandaran, jika kondisi pantai sepi pengunjung.

“Kalau sedang ramai dan dibanjiri wisatawan, kami tidak melakukan aktifitas menjala, biarkan para tamu menikmati sensasi berenang pantai,” ujarnya, kepada HR Online Selasa (28/1/2020).

Warga dan nelayan rutin menangkap ikan di pantai Barat Pangandaran sore hari. Adapun ikan yang biasa tertangkap, berupa ikan balanak, pepetek serta jenis ikan lainnya.

“Hasil menangkap ikan dengan jaring ered di pantai Barat memang tidak banyak, hasil dari menjaring tidak untuk dijual tapi untuk di komsumsi sebagai lauk pauk di rumah,” kata Wawan.

Lokasi pantai Barat Pangandaran yang sepi pengunjung, dimanfaatkan pula oleh pemilik perahu siar untuk memperbaiki perahunya.

Engkus salah seorang pemilik perahu siar, mengaku saat ini waktu adalah waktu yang tepat untuk memperbaiki perahu bagi para nelayan.  

“Karena kondisi pantai sepi pegunjung, kita manfaatkan untuk memperbaiki perahu, ada yang menambal dan ada pula yang ngecet perahunya,” katanya. (Entang/R8/HR Online)

Loading...