Sering Ngantuk Setelah Makan? Kenali Bahayanya!

ngantuk setelah makan
Makanan yang bisa membuat rasa ngantuk setelah makan. Foto: Istimewa

Jika Anda mengalami sering ngantuk setelah makan sebaiknya cari penyebabnya. Makan yang sehat dan bernutrisi seharusnya akan membuat tubuh menjadi lebih bertenaga dan segar, bukannya malah mengantuk.

Sarapan pagi sangatlah penting karena dapat memberikan energi dan kekuatan untuk melaksanakan berbagai aktivitas penting hingga siang. Makanan tak hanya mengandung protein dan kalori, namun juga vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh.

Pengalaman saat berpuasa Ramadhan dimana tubuh lemas dan kurang bertenaga saat di kantor, tentu memberikan pelajaran tentang pentingnya sarapan atau makan. Karena itulah sarapan atau makan siang wajib untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Dengan sarapan atau makan siang akan membuat aliran darah lebih lancar dan bukannya malah ngantuk setelah makan. Justru dengan suplai energi dari makanan tubuh dapat digerakkan untuk melaksanakan berbagi aktivitas.

Selain sebagai sumber energi bagi tubuh, ada banyak fungsi pokok makanan bagi tubuh. Diantaranya untuk mengganti jaringan tubuh yang rusak, mengatur dan menjaga metabolisme tubuh serta menjaga keseimbangan cairan tubuh.

Selain itu makanan juga penting untuk meningkatkan imunitas dan mekanisme pertahanan tubuh dalam menghadapi serangan penyakit serta memelihara proses tubuh untuk tumbuh dan berkembang.

Agar makanan yang masuk ke dalam tubuh memberikan manfaat yang optimal, maka makanan yang dikonsumsi tidak boleh hanya yang mengenyangkan. Justru yang lebih penting adalah makanan yang harus kaya nutrisi dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

Penyebab Ngantuk Setelah Makan dan Cara Mengatasinya

Ada banyak faktor yang menyebabkan timbulnya rasa mengantuk sehabis makan. Berikut ini berbagai penyebab ngantuk setelah makan dan cara mengatasinya yang sebaiknya Anda tahu.

Makan Terlalu Banyak

Porsi makanan saat sarapan atau makan siang juga bisa memberikan efek terhadap tubuh. Namun, menghindari sarapan pagi serta melewatkan makan makan siang bukanlah cara diet yang baik dan juga sehat.

Sebaliknya terlalu banyak porsi makanan yang masuk ke dalam tubuh hingga membuat kenyang secara berlebihan juga tidak baik. Kondisi ini akan merangsang tubuh membutuhkan banyak insulin. Sehingga akan mendorong timbulnya reaksi mengantuk.

Makanan Mengandung Tinggi Karbohidrat

Rasa sering ngantuk setelah makan juga bisa disebabkan karena makanan yang dikonsumsi mengandung karbohidrat yang cukup tinggi. Asupan makanan semacam ini akan membuat organ tubuh memerlukan banyak energi untuk mengolahnya, sehingga memicu rasa mengantuk.

Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi terutama dari jenis makanan yang padat. Diantaranya nasi putih, roti, maupun makanan cepat saji. Karena itu hindari makanan jenis ini jika tak ingin mengantuk setelah menyantapnya.

Makanan yang Tinggi Nilai Indek Glikemiknya

Makanan dengan nilai glikemik indeks yang tinggi juga bisa menimbulkan rasa ngantuk setelah makan. Makanan jenis ini akan menyebabkan tubuh membutuhkan banyak insulin untuk memecah dan mengolah kandungan gula dalam darah.

Kadar insulin yang meningkat juga akan meningkatkan kadar serotonin dan melatonin dalam otak. Jenis zat inilah yang menyebabkan timbulnya rasa mengantuk dan tubuh terasa lemas setelah menyantapnya.

Risiko Penyakit Anemia

Orang yang menderita anemia tidak memiliki zat besi dalam tubuh dengan jumlah cukup. Padahal zat besi penting untuk menyuplai oksigen ke sel-sel darah. Jika Anda mengalami sering ngantuk setelah makan waspadai ancaman penyakit ini.

Makanan Berlemak Tinggi

Mengkonsumsi makanan dengan kandungan lemak yang tinggi juga bisa menimbulkan efek mengantuk. Kandungan lemak makanan akan memicu efek spontan dari sel saraf dan berdampak pada sistem kerja hormon tubuh.

Karena itulah jika Anda mengkonsumsi daging ayam dengan kulit, makanan yang digoreng, camilan tinggi kalori, ataupun makan daging merah berlemak tinggi akan membuat tubuh merasa ngantuk setelah makan.

Potensi Alergi Makanan

Makanan dengan kandungan tertentu juga bisa memicu alergi pada tubuh. Nah, tak sedikit makanan penyebab alergi yang dapat menmbulkan tubuh lemas dan mengantuk setelah menyantapnya.

Efek atau respon ngantuk setelah makan sebenarnya juga merupakan mekanisme alami tubuh. Reaksi ini memberikan sinyal agar Anda menghindari makanan semacam ini yang buruk untuk kesehatan tubuh. (R9/HR-Online)

Loading...