Sering Terbangun Tengah Malam? Cari Tahu Penyebabnya!

Sering Terbangun Tengah Malam? Cari Tahu Penyebabnya!

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com).- Sering terbangun tengah malam? cari tahu penyebabnya! Tidur nyenyak sepanjang malam merupakan dambaan setiap orang.

Namun terkadang sebagian orang terganggu dengan beberapa kali terbangun di tengah malam. Biasanya terbangun karena ingin buang air kecil, atau bisa juga hanya sekedar terjaga dan tidak bisa tidur lagi.

Untuk menghindari hal tersebut, maka Anda perlu mengenali penyebabnya, mungkin bisa jadi ini salah satu dari lima penyebabnya;

Penyebab Sering Terbangun Tengah Malam

Pengaruh Kopi

Minum kopi sebelum tidur merupakan salah satu penyebab anda kerapkali terbangun tengah malam yang pertama.

Pasalnya kopi mengandung zat diuretik yang berperan untuk memicu bagian kandung kemih dalam memproduksi air kencing yang lebih banyak.

Bahkan dalam kondisi tertentu, zat ini bisa menimbulkan rasa nyeri pada bagian tersebut. Saat Anda ingin kencing disertai rasa nyeri, secara otomatis tidur Anda akan terbangun.

Fungsi tubuh Anda akan “mendesak” kandung kemih agar segera mengeluarkan urine. Untuk menghindari hal seperti ini, sebaiknya Anda menghindari minum kopi sebelum tidur malam.

Namun respon tubuh pada setiap orang berbeda-beda setelah mengkonsumsi kopi.

Lelah Berlebihan

Penyebab sering terbangun tengah malam yang kedua adalah lelah berlebihan. Kondisi tubuh atau pikiran yang terlalu lelah juga dapat mempengaruhi kualitas tidur seseorang. Meskipun pada sebagian orang justru bisa tidur dengan nyenyak sepanjang malam.

Namun kelelahan ternyata dapat mempengaruhi fungsi tubuh menjadi kurang stabil. Misalnya kaki, tangan, atau bahu yang terasa pegal-pegal, sehingga Anda akan terbangun karena merasa tidak nyaman.

Kurang Hormon Antidiuretik

Penyebab sering terbangun tengah malam yang ketiga adalah kurang hormon antidiuretik. Berkaitan dengan pengaruh kopi yang memiliki zat diuretik, maka tubuh seseorang perlu memiliki hormon antidiuretik sebagai penangkalnya.

Hormon antidiuretik dapat mengontrol fungsi kandung kemih agar tidak terlalu banyak memproduksi urine. Sayangnya hormon ini bisa mengalami penurunan seiring bertambahnya usia, khususnya di atas usia 40 tahun.

Pengaruh Stres

Penyebab sering terbangun tengah malam yang keempat adalah stress. Gangguan tidur juga bisa berasal dari kondisi psikis yang kurang baik, misalnya adalah gejala stres.

Kondisi stres pada seseorang bisa berasal dari masalah pekerjaan, sekolah, hubungan sosial, ekonomi, dan lain sebagainya.

Jika Anda tidur dengan “membawa” kecemasan terhadap masalah yang dialami, maka akan mengganggu kestabilan alam bawah sadar selama tidur malam.

Prediabetes atau Diabetes

Penyebab sering terbangun tengah malam yang kelima adalah prediabetes atau diabetes. Penyebab berikutnya termasuk kategori cukup berbahaya.

Ketika Anda sering terbangun di malam hari, bisa jadi hal tersebut adalah sebuah gejala diabetes atau prediabetes.

Kondisi ini diakibatkan oleh sistem tubuh yang berusaha “membuang” gula darah yang jumlahnya berlebihan di dalam tubuh.

Gula darah dibuang melalui urine, itulah mengapa Anda akan sering terbangun saat tidur.

Itulah beberapa penyebab sering terbangun tengah malam yang bisa Anda jadikan sebagai peringatan. Jika kondisi semakin parah, maka segera datangi dokter agar dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. (Deni/R4/HR-Online)

Loading...