Sabtu, Januari 28, 2023
BerandaTeknologiSmartphoneSmartfren vs Telkomsel, Mana Lebih Unggul?

Smartfren vs Telkomsel, Mana Lebih Unggul?

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com).- Smartfren vs Telkomsel, Mana Lebih Unggul? Siapa yang tidak mengenal Smartfren dan Telkomsel?

Kedua operator seluler tersebut merupakan operator seluler terbaik di Indonesia yang mempunyai kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Tetapi, bagaimana apabila Smartfren vs Telkomsel, siapakah yang lebih unggul? Berikut perbandingan Smartfren dan Telkomsel yang wajib Anda ketahui:

Smartfren vs Telkomsel

Ketersediaan 4G

Untuk hal yang satu ini, sudah tidak diragukan lagi apabila Smartfren menjadi pemenang dalam hal ketersediaan 4G.

Mengapa demikian? Karena Smartfren terus menerus memperluas jangkauan 4G-nya. Dan hal ini menjadi salah satu fokus utama dan menjadi ciri khas dari Smartfren.

Tetapi, hal inilah yang membuat Smartfren tidak terlalu memperdulikan hal lainnya yang juga penting.

Kecepatan Pengunduhan

Untuk yang satu ini, Telkomsel memegang kendali atas kecepatan pengunduhan. Telkomsel memiliki keunggulan dalam kecepatan pengunduhan, apabila dibandingkan dengan operator lainnya, termasuk Smartfren.

Telkomsel memiliki kecepatan pengunggahan sebesar 3,7 Mbps yang tentunya terbilang cepat dan mengalahkan semua operator seluler lainnya.

Selain cepat, Telkomsel terkenal dengan kecepatan pengunggahannya yang stabil, sehingga membuat pengguna merasa nyaman saat mengunduh file apapun seperti film, dokumen, foto, dan lain sebagainya.

Hal ini tentunya sangat unggul apabila dibandingkan dengan operator lainnya termasuk Smartfren yang memiliki kecepatan pengunggahan yang tidak stabil.

Pengalaman Video

Apakah Anda suka menonton youtube? Jika iya, pastinya Anda tidak suka apabila video yang sedang Anda putar tiba-tiba berhenti karena pengaruh dari kartu seluler yang sedang Anda pakai.

Maka dari itu, Anda harus mengetahui operator seluler apa yang sangat unggul dalam hal pengalaman video.

Telkomsel merupakan operator seluler yang sangat unggul dalam hal pengalaman video.

Telkomsel terkenal dengan kestabilan jaringannya yang sangat unggul dalam hal pengalaman video.

Dan membuat video yang sedang Anda putar akan terus berjalan lancar sampai video tersebut selesai diputar.

Menurut OpenSignal, Telkomsel memiliki skor 54,3 poin dalam hal pengalaman video.

Sehingga mendapatkan nilai yang “cukup” dan mengalahkan operator seluler lainnya, termasuk smartfren.

Harga Operator Seluler

Berbicara mengenai Smartfren vs Telkomsel, Anda pasti tidak akan melewatkan hal yang satu ini yakni harga operator seluler.

Terkait masalah harga, Telkomsel pastinya memegang keunggulan sebagai operator seluler termahal di Indonesia.

Tetapi, harga tersebut sebanding dengan apa yang diberikan Telkomsel kepada masyarakat.

Berbeda dengan Telkomsel, Smartfren merupakan operator seluler yang sangat bersahabat dengan kantongnya orang Indonesia.

Sehingga Smartfren banyak dipakai oleh berbagai kalangan karena harganya yang begitu terjangkau dengan kualitas yang begitu baik.

Inilah salah satu keunggulan Smartfren yang tidak bisa dikalahkan oleh Telkomsel.

Semua operator seluler memiliki keunggulannya masing-masing dan Anda harus bisa memilih yang mana yang cocok untuk Anda.

Itulah perbandingan Smartfren vs Telkomsel yang perlu Anda ketahui, sehingga Anda dapat memilih operator seluler yang tepat untuk Anda pakai. (Deni/R4/HR-Online)