Soroti Potensi Wisata di Ciamis, FISIP Unigal Gelar Seminar Nasional

Seminar Nasional
Seminar Nasional FISIP Universitas Galuh soroti potensi wisata di Ciamis. Foto: Fahmi/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Program Studi Administrasi Publik FISIP Universitas Galuh, Kabupaten Ciamis, adakan seminar nasional dan Call Paper dengan tema ‘Kebijakan Pengembangan Pariwisata di Daerah’, Jum’at (17/01/2019). Seminar diikuti Kepala Desa dan mahasiswa administrasi publik tingkat 4. 

“Kebetulan seminar ini memang kegiatan rutin tahunan yang selalu digelar untuk pengembangan mata kuliah. Tema yang diangkat oleh kami yaitu pengembangan kebijakan pariwisata daerah, yang memang saat ini pemerintah pusat sedang giat mengelola pariwisata,” terang ketua pelaksana kegiatan Wawan Risnawan, SE, SIp, MSi di lokasi kegiatan.

Wawan menerangkan potensi wisata di Kabupaten Ciamis sangat besar, hal ini sesuai dengan riset yang dilakukannya bersama para mahasiswa.

“Menurut riset, hari ini sektor wisata mengalami peningkatan, terutama di daerah, maka harus benar-benar digali potensi itu agar meningkatkan Penghasilan Asli Daerah (PAD),” jelasnya. 

Tambah Wawan, dengan adanya seminar nasional yang menyoroti potensi wisata di Ciamis, diharapkan pihak akademisi bisa memberikan sebuah masukan terhadap pemerintah daerah mengenai pengelolaan pariwisata yang berbasis good government . 

“Intinya geliat mengenai pariwisata harus didorong dari 3 unsur, diantaranya pemerintah, masyarakat dan pihak swasta,” jelasnya.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis, H Wasdi mengungkapkan, memang potensi wisata di Ciamis sangat besar, akan tetapi masih tercecer dan belum dikelola dengan baik. 

“Sehingga kebijakan tahun ini, kami akan mendorong mengenai desa wisata. Doakan saja tahun ini masih rintisan, tapi 2021 bisa pengembangan. Maka butuh dorongan dan masukan dari semua pihak,” pungkasnya. (Fahmi/R7/HR-Online)

Loading...