Spesifikasi Fujifilm X-T200 Lebih Canggih, Simak Penjelasannya

Spesifikasi Fujifilm X-T200
Spesifikasi Fujifilm X-T200. Foto: Istimewa

Spesifikasi Fujifilm X-T200 tentunya lebih canggih dari kamera pendahulunya. Sebab, Fujifilm X-T200 hadir sebagai penyempurna dari generasi pendahulunya yaitu Fujifilm X-T100.

Apalagi kehadiran Fujifilm X-T200 juga dikolaborasikan dengan Fujifilm X-A7. Sehingga kekurangan dari Fujifilm X-T100 akan dibenahi.

Kemudian akan ada kelebihan lain yang didapatkan dari kolaborasi tersebut. Begitupun dengan spesifikasi dari beberapa sektor lainnya.

Spesifikasi Fujifilm X-T200

Kamera yang dihadirkan oleh Fujifilm ini memiliki kategori kelas menengah. Meskipun begitu, ada beberapa spesifikasi canggih yang sudah disematkan pada kamera ini.

Sensor

Salah satunya adalah segi sensor yang mengusung APS-C 24 MP. Sensor yang digunakan sebenarnya sama dengan generasi pendahulunya namun ada sedikit perbedaan.

Sebagai penyempurna generasi pendahulunya, spesifikasi Fujifilm X-T200 ini menyempurnakan bagian sistem perkabelan. Dampaknya adalah pemrosesan data menjadi lebih cepat daripada sebelumnya.

Spesifikasi ini tentunya membuta para pecinta fotografi lebih mudah dalam mengatur fokus. Sehingga objek yang akan diambil memiliki fokus yang baik. Kejernihan gambar pun bisa difokuskan pada objeknya saja.

Baca juga: Kamera Mirrorless X-A7 Fujifilm, Cocok Untuk yang Ingin Belajar Fotografi

Masih ada spesifikasi lain dari segi sensor yaitu terkait dengan jumlah titik PDAF. PDAF atau Phase Detection Autofocus ini mengalami penambahan.

Semula berjumlah 91 lalu meningkat menjadi 425. Peningkatan yang cukup drastis untuk kategori penyempurnaan di kelas menengah.

Performa dari Spesifikasi Fujifilm X-T200

Berbicara mengenai performa, tentunya kinerja baik telah dijanjikan oleh Fujifilm X-T200. Kinerja tersebut sudah termasuk dalam performa segala sistem yang ada di dalam kamera.

Seperti sistem eye detection yang lebih canggih dan lebih baik dibandingkan pendahulunya. Kemudian diikuti dengan peningkatan kecepatan burst shooting. Peningkatan tersebut terbukti dari yang semula 6 fps menjadi 8 fps.

Fotografer pun akan lebih mudah mengoperasikan kamera Fujifilm yang satu ini. Performa yang canggih tidak akan membuat pengguna atau fotografer kesulitan mengoperasikannya.

Namun sebaliknya, performa ini akan semakin nyaman digunakan. Hasil gambar yang diambil pun akan sesuai dengan ekspektasi.

Baca juga: Kamera Mirrorless Fujifilm X-Pro3 Dirumorkan Meluncur Tahun Ini

Spesifikasi Fujifilm X-T200 juga lebih kompatibel dengan perekaman video. Hal tersebut juga membuktikan bahwa Fujifilm X-T200 lebih canggih dengan performanya saat ini.

Spesifikasi selanjutnya yang tidak kalah menarik adalah dukungan resolusi maksimun yang sudah meningkat menjadi 30 fps. Padahal sebelumnya hanya 15 fps saja yang tersemat di X-T100.

Kemudian dilanjutkan dengan adanya mode slow motion 1080p yang tersedia sekitar 120 fps. Tidak hanya mode slow motion saja, tetapi juga mode Electronic Stabilization yang sangat membantu pengguna. Terutama dalam hal kestabilan video via gyroscope hingga model HDR pada video.

Desain Fisik

Desain ala DSLR masih dipakai pada spesifikasi Fujifilm X-T200 ini. Meskipun begitu, desain ergonominya telah ditingkatkan lagi. Mulai dari hand grip yang sudah tidak berwujud aksesori opsional.

Sehingga tampilan hand gripnya berbeda dari sebelumnya. Karena diperkirakan lebih gemuk dari sebelumnya.

Namun ukurannya lebih ringan dibandingkan dengan X-T100 yang memiliki berat 370 gram. Sedangkan Fujifilm X-T200 hanya 80 gram saja.

Desain fisik sebuah kamera juga mempengaruhi hasil gambar yang diambil. Apabila kamera yang digunakan tidak nyaman digenggam, maka akan berpengaruh pada kualitas gambar. Mungkin tidak stabil atau view yang diambil tidak tepat.

Oleh karena itu, Fujifilm ini menghadirkan desain fisik yang sangat nyaman. Ukuran yang tidak terlalu berat juga menjadi keunggulan dari X-T200 ini.

Spesifikasi Fujifilm X-T200 yang lainnya adalah keberadaan Viewfinder yang masih disematkan oleh Fujifilm. Viewfinder ini masih dilengkapi dengan spesifikasi yang tidak jauh berbeda dari yang sebelumnya.

Baca juga: Fujifilm X-Pro3 Resmi Diboyong dengan Harga Rp 28 Jutaan

Namun tetap saja ada perbedaan yang dapat dilihat. Mulai dari layar sentuhnya yang kian membesar. Kini layar sentuh Fujifilm X-T200 sudah berubah menjadi 3,5 inci tanpa tombol yang tersisa. Sedangkan pendahulunya atau X-T100 masih menyisakan ruangan untuk tombol empat arah.

Meskipun tidak dilengkapi dengan tombol empat arah, namun Fujifilm menyematkan penggantinya yaitu joystick kecil. Ukurannya yang kecil tersebut disematkan di sebelah kanan layar.

Penambahan joystick ini merupakan wujud kolaborasi dengan X-A7. Sama seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Sehingga tampilannya akan terlihat lebih berbeda dari X-T100 meskipun masih mengusung desain ala DSLR.

Spesifikasi Fujifilm X-T200 ini juga memberikan pengalaman baru bagi pengguna yang akan bertransformasi dari X-T100. Apalagi penyempurnaan yang dilakukan Fujifilm jauh lebih menarik dari spesifikasi sebelumnya. (R10/HR-Online)