Spesifikasi Nikon D780 Menggunakan Teknologi Mirrorless

Spesifikasi Nikon D780
Spesifikasi Nikon D780. Foto: Istimewa

Spesifikasi Nikon D780 kini lebih meningkat. Kamera ini mengusung format FX baru yang sangat menarik.

Meskipun model sebelumnya yakni D750 diklaim menjadi DSLR full frame paling hits yang pernah ada, namun generasi baru D780 dari segi modelnya lebih meningkat.

Kamera D780 sangat dicari-cari oleh kalangan profesional dan penggemar foto. Karena merupakan kemera yang fungsional dan canggih untuk mengambil gambar dengan resolusi tinggi sampai video 4K UHD.

Kamera ini mampu melakukan perekaman 4K tanpa cropping. Penggunaan output video 10 bit dan sistem AF pendeteksi wajah dan mata akan lebih perekaman lebih mudah.

Spesifikasi Nikon D780 Menggunakan Teknologi Mirrorless

Nikon D780 merupakan kamera canggih dengan mengkombinasikan kamera mirrorless Nikon Z series dengan teknologi DSLR.

Sensor yang tertanam di dalam kamera ini adalah gambar 24,6 MP frame penuh backside illuminated. Kemudian disandingkan dengan prosesor Expeed 6.

Spesifikasi Nikon D780  pada sensor memiliki tingkat sensitivitas dari ISO 51.200 atau expandable hingga ISO 204.800. Kemudian naik dari ISO 12.800 di D750 tipe sebelumnya.

Kamera dapat bekerja dengan cepat karena menggunakan proses engine yang sama dengan kamera mirrorless seri Z6 dan Z7. Dengan demikian, energi yang dibutuhkan pun lebih sedikit. Bila dibandingkan dengan generasi pendahulunya, kinerja low light pada kamera ini lebih baik.

Berita Terkait: Nikon Luncurkan Mirrorles Full Frame Z6 dan Z7, Ini Harganya

Peningkatan spesifikasi pada Nikon D780 semakin baik dari segi kualitas gambar, kinerja dan kemampuan merekam video.

Namun ada beberapa hal yang dikurangi, misalnya saja lampu kilat dan tidak dapat memasang grip. Kamera didesain lebih kecil dan ringan.

Akan tetapi, penggunaan sensor untuk autofokus lebih cepat dan mulus jika memakai layar LCD seperti kamera mirrorless.

Spesifikasi Nikon D780 dan Cara Kerjanya

Cara kerja dari Nikon D780 seperti halnya menggabungkan DSLR dengan mirrorless. Nikon D780 memakai sistem AF 51 titik bersamaan dengan algoritma autofokus dari kamera teratas Nikon saat membidik melalui optical view finder.

Kamera ini akan seperti mirrorless dengan menggunakan sistem Hybrid AF 2.733 titik, ketika melakukan framing melalui layar sentuh LCD 3,2 inci yang terletak di bagian punggung.

Layar tersebut difungsikan untuk menjangkau titik AF, pengaturan menu dan lain sebagainya. Namun, pada layar tidak dilengkapi dengan engsel yang fleksibel.

Layar hanya bisa ditekuk ke arah atas untuk lebar beberapa derajat saja. Cakupannya meliputi area frame 90% seperti halnya pada kamera Z6.

Spesifikasi Nikon D780 mirrorless akan disertai dengan fitur Eye-Detection AF, yang merupakan fitur pertama yang hadir pada kamera DSLR. Sehingga bisa dipakai untuk mengunci fokus pada penglihatan subyek. Misalnya saja, jika dipakai ketika membidik portrait.

Bidikan melalui Live View dapat memakai silent shutter. Pada burst rate dapat ditingkatkan menjadi 12 FPS dari 7 FPS saat dibidik dengan shutter mekanik.

Sensor gambar paling baru yang dimiliki D780 mempunyai kepekaan yang lebih baik terhadap cahaya. Rentang ISO standar pada 100 sampai 51.200 dan bisa diperluas sampai ISO 204.000.

Kemampuan Video Nikon D780

Spesifikasi Nikon D780 pada video hampir mirip dengan Z6. Kamera mampu merekam video hingga beresolusi 4K dengan full pixel readoud atau frame rate 30 FPS.

Pada Nikon D780 juga telah ditanamkan output 10 bit dengan adanya dukungan N-Log dan Hybrid Log-Gamma.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan pelacakan wajah, jangkauan dinamis serta AF phase detection. Pengguna juga dapat mengekspor video 10 bit jika memerlukan perataan warna via port HDMI menuju Atomos atau perekam eksternal yang lain.

Berita Terkait: Resmi Masuk Indonesia, Ternyata Segini Harga DSLR Nikon D850

Fitur pendukung lainnya berupa slot kartu memory UHs -II SD dan Weather Sealing. Kemudian pada baterai memiliki daya tahan sampai 2.360 jepretan. Charging dapat dilakukan melalui USB tipe C dan konektivitas berupa Bluetooth dan Wi-Fi.

Bodynya yang kuat akan tahan terhadap cuaca. Namun sayang sekali kamera ini belum dilengkapi dengan stabilisasi dalam body atau In Body Image Stabilization / IBIS. Sehingga gambar kurang stabil saat dipasangkan lensa non OIS.

Nikon berencana akan memasarkan D780 pada akhir bulan Januari 2020. Spesifikasi Nikon D780 yang canggih ditawarkan dengan harga sekitar 2.300 dolar atau 31,9 juta rupiah untuk konfigurasi body only.

Apabila pembelian ditambahkan dengan lensa kit AF-S Nikon 24-120 mm f/4G ED VR, maka harganya dapat naik hingga 2.800 dolar atau 39 juta. (R10/HR-Online)

Loading...