Stop BAB Sembarangan, Warga Cidolog Ciamis Deklarasi ODF

Stop BAB Sembarangan, Warga Cidolog Ciamis Deklarasi ODF
Warga Dusun Sukamulya, Desa Hegarmanah, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Ciamis menggelar kegiatan deklarasi Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar (BAB) sembarangan, Jumat (10/1/2020). Foto:Eli Suherli/HR

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Warga Dusun Sukamulya, Desa Hegarmanah, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Ciamis menggelar kegiatan deklarasi Open Defecation Free/ODF atau Stop Buang Air Besar (BAB) sembarangan, Jumat (10/1/2020).

Acara tersebut dihadiri unsur pemerintahan kecamatan, Desa, Koramil dan juga petugas dari Puskesmas Cidolog.

Kepala Puskesmas Cidolog, H. Tenten, mengatakan, kegiatan deklarasi ODF ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada warga masyarakat terhadap kesehatan.

“Dengan deklarasi ini, diharapkan masyarakat mengerti dan tidak lagi BAB sembarangan, seperti pergi BAB ke kolam. Hal tesebut tidak dibolehkan dengan alasan kesehatan,”ujarnya, kepada HR Online.

Kata Tenten, dengan kegiatan deklarasi ODF ini, Desa Hegarmanah sudah terbebas dari buang air besar (BAB) sembarangan. Tempat-tempat BAB yanga ada di kolam harus dibongkar, kalaupun ada tidak digunakan kembali.

“Kami imbau, semua warga agar BAB di toilet yang ada septiktengnya dan tidak pergi ke kolam,” jelasnya.

Sementara itu Camat Cidolog, Otong Bustomi, menambahkan, dengan adanya deklarasi ODF ini,diharapkan semua desa yang ada di kecamatan Cidolog bebas dari ODF dan BAB sembarangan. Hal tersebut agar kesehatan masyarakat bisa lebih baik lagi dan tidak ada pencemaran lingkungan.

“Kami berharap semua warga dapat memahami arti pentingnya menjaga kesehatan diri dan juga lingkungan, sebab untuk wilayah Cidolog warga masih menggunakan jerambah untuk BAB dan sekarang harus di rubah kebiasaan itu, tidak boleh lagi BAB ke kolam,”j elasnya. (Eli Suherli/R8/HR Online)

Loading...