Suhu Laut Memanas dan Dampaknya Bagi Kehidupan

Jika Suhu Laut Memanas
Suhu Laut Memanas dan Dampaknya Bagi Kehidupan. Foto: Net/Ist

Suhu laut memanas memang sedang menjadi fenomena utama baru-baru ini. Sebab, suhu lautan kini telah mencapai batas maksimal. Suhu panas di lautan merupakan dampak dari perubahan iklim yang terjadi saat ini.

Perubahan iklim memang cukup berbahaya. Pasalnya semua sektor kehidupan dapat terkena dampaknya.

Selain dampak terhadap makhluk hidup, perubahan iklim juga berdampak pada lautan. Hal ini memang terbukti dari capaian suhu lautan yang sangat tinggi.

Suhu Laut Memanas Dampak Dari Perubahan Iklim

Perubahan iklim memang menimbulkan dampak yang sangat luar biasa. Sebenarnya tidak hanya perubahan iklim saja, tetapi juga disebabkan oleh efek rumah kaca.

Seperti yang diketahui bahwa penyebab efek rumah kaca ini dikarenakan oleh beberapa hal. Diantaranya adalah pembakaran bahan bakar fosil. dan juga pengrusakan hutan.

Dampak yang ditimbulkan memiliki alur yang berkesinambungan. Hingga pada akhirnya menyebabkan suhu lautan yang meningkat.

Ilmuwan kemudian memfokuskan penelitian terhadap suhu bumi. Tentunya muncul beberapa fakta yang menarik yang digunakan sebagai wawasan pengetahuan. Suhu yang begitu tinggi ini membuat banyak ilmuwan mencari tahu penyebab dan dampaknya.

Sebelumnya ada beberapa fakta dari fenomena suhu laut memanas ini. Diantaranya adalah fenomena pertama yang terjadi selama kurun waktu 5 tahun.

Fakta ini juga menunjukkan bahwa suhu yang terjadi merupakan yang terpanas. Fakta selanjutnya adalah akibat yang ditimbulkan cukup berbahaya. Akibat yang ditimbulkan ini memang perlu diwaspadai. Sebab, dampaknya bisa berupa bencana alam.

Dampak Suhu Laut Memanas

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa ada beberapa dampak dari memanasnya suhu laut. Dampaknya adalah banyak es yang mencair.

Hal ini mengakibatkan volume air laut meningkat. Meningkatkan volume air laut akan mengancam warga yang tinggal di daerah pesisir.

Suhu laut memanas juga berdampak pada potensi badai. Diperkirakan bahwa badai akan muncul dengan kekuatan yang sangat dahsyat.

Hal ini disebabkan oleh daur air yang tidak stabil sehingga proses daurnya terganggu. Kemudian dampak selanjutnya adalah banjir. Potensi banjir juga akan lebih sering dibandingkan sebelumnya.

Tidak hanya itu saja, laut yang memanas juga mempengaruhi cuaca yang semakin panas. Cuaca yang semakin panas akan memicu terjadinya kebakaran hutan.

Dampak dari laut yang memanas akan berputar dan berkesinambungan. Hal yang lebih berbahaya adalah kondisi makhluk yang ada di laut.

Jika laut yang memanas bisa berdampak pada kehidupan daratan apalagi dengan kehidupan laut.  Ikan-ikan dan terumbu karang akan terkena dampaknya. Sehingga ikan akan mengalami kepunahan karena faktor alam.

Keadaan ini memang mengerikan sebab cuaca ekstrim akan terus terjadi. Pemanasan global berakibat pada pemanasan laut.

Kemudian laut menimbulkan akibat yang lebih berbahaya lagi. Hal ini juga perlu kerja sama dari manusia. Sebab, salah satu alasan terjadinya pemanasan global adalah penebangan pohon. Tidak hanya itu saja, tetapi juga karena pembakaran hutan yang dilakukan secara sengaja.

Suhu Laut Memanas di Berbagai Belahan Dunia

Jika kembali ke beberapa tahun yang lalu ketika terjadi fenomena seperti ini. Memang kenaikan suhunya hampir menduduki posisi yang sama.

Namun tetap saja masih tinggi suhu sekarang ini. Dilihat dari kenaikannya pun cukup signifikan. Hal ini dapat dilihat dari catatan kenaikan volume akibat es yang mencair. Hingga saat ini tercatat ketinggian air sudah mencapai 1 meter.

Ketinggian ini sangat mengancam kehidupan warga yang ada di pesisir. Apalagi ditambah dengan adanya potensi badai hingga tsunami.

Suhu laut memanas sungguh mengerikan jika dilihat dari segi akibatnya. Dibutuhkan kesadaran masyarakat mengenai penyebab pemanasan global.

Terkadang semua yang berimbas kepada makhluk hidup adalah ulah manusia itu sendiri. Segala tindakan dan kegiatan selalu menjadi faktor pemanasan global.

Kemudian berdampak pada cuaca ekstrem dan temperatur yang tidak menentu. Hingga pada akhirnya menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Oleh karena itu, agar tidak terjadi tsunami atau bencana maka diperlukan kesadaran tentang lingkungan. Meskipun tidak semua kejadian alam berupa bencana diakibatkan oleh manusia.

Terkadang alam yang memang tidak stabil dan memberikan dampak yang buruk. Suhu laut memanas ini memang tidak sepenuhnya ulah manusia namun perlu diwaspadai. (R10/HR-Online)

Loading...