Senin, Agustus 15, 2022
BerandaBerita CiamisBerita BanjarsariSungai Cikawasen Ciamis Meluap, Pemukiman Warga Terendam

Sungai Cikawasen Ciamis Meluap, Pemukiman Warga Terendam

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Hujan yang mengguyur wilayah kecamatan Banjarsari yang terjadi pada Senin (6/1/2020) malam, membuat air anak sungai Cikawasen meluap dan masuk ke pemukiman warga, di Dusun Kubangpari, Desa Ciherang, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Berdasarkan informasi dari Forum Koordinasi taruna Siaga Bencana (FK Tagana) wilayah Banjarsari, sedikit nya ada 150 rumah yang terkena dampak banjir dengan ketinggian sekitar 20-30 sentimeter tersebut.

“Banjir ini di akibatkan adanya pendangkalan di bagian anak sungai Cikawasen. Air hujan yang masuk sungai ini tidak mengalir dan malah meluap masuk ke pemukiman warga” terang anggota FK Tagana Banjarsari Uju Suparman Selasa (7/1/2020).

Uju menyebut, lokasi banjir paling parah terjadi di lingkungan RT 08 RW 06, RT 06 RW 05 dan RT 09 RW 06 Dusun/Desa Cibadak, Kecamatan Banjarsari.

Pihaknya bersyukur tidak ada korban jiwa atau luka dalam kejadian banjir tersebut, hanya saja beberapa perabotan rumah tangga milik warga terendam air.

“Alhamdulillah, banjir juga sudah surut sejak pagi tadi. Tapi kami tetap mengimbau kepada seluruh warga, agar tetap waspada dengan datang nya curah hujan. Apalagi wilayah Dusun Kubangpari ini adalah salah satu wilayah langganan banjir ketika musim penghujan tiba,” katanya.

Longsor di Banjaranyar

Selain banjir yang melanda wilayah Ciherang Kecamatan Banjarsari, akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Banjaranyar, membuat sejumlah rumah tertimpa longsor. Termasuk salah satunya tenda darurat yang dihuni korban gempa Tasikmalaya tahun 2017.

Sumber informasi di lapangan, sedikitnya empat rumah di Kecamatan Banjaranyar tertimpa longsor saat hujan terjadi pada Senin (06/01/2020) malam.

FK Tagana wilayah Kecamatan Banjaranyar, Uju Suparman mengatakan, dari hasil pantauan Tagana sedikitnya ada empat rumah warga yang tertimpa longsor di Ciamis akibat hujan deras.

“Ada empat rumah yang di laporkan terkena longsoran tebing. Tiga diantaranya terjadi di Desa Tanjungsari, dan satu tenda darurat di Desa Banjaranyar,” terang Uju kepada HR Online, Selasa (7/1/2020).

Ketiga rumah yang tertimpa longsor di Desa Tanjungsari, yaitu rumah milik Amat dan Ikin Heri, keduanya merupakan warga Dusun Ranjung, blok Cipamaro RT 18 RW 04, rumah milik Ade Rati di Dusun Tanjung, blok Cipamaro RT 17 RW 04. (Suherman/R8/HR Online)