Kamis, Mei 19, 2022
BerandaBerita PangandaranTaman Bundaran Emplak Pangandaran Tidak Terawat, DLH; Bukan Ranah Kami

Taman Bundaran Emplak Pangandaran Tidak Terawat, DLH; Bukan Ranah Kami

Berita Pangandaran (harapanrakyat.com),- Taman di bundaran Emplak, di Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, dipenuhi rumput liar dan terkesan tidak terawat.

Hal itu dikatan Endang, salah seorang pengguna jalan yang sering bolak-balik Padaherang-Pangandaran, kepada HR Online, Kamis (30/01/2020).

Menurutnya, banyaknya tumbuhan rumput liar membuat pemandangan di sekitar bundaran Emplak tidak enak dipandang mata, dan terkesan kumuh akibat tidak dirawat.

“Saya prihatin sekaligus sareukseuk melihat keberadaan bundaran di Emplak yang dipenuhi oleh rumput liar dan kotor. Saya rasa yang lainnya pun berpendapat sama ketika melihat bundaran Emplak yang terkesan tidak terawat itu,” katanya.

Endang berharap pihak-pihak terkait memperhatikan hal-hal yang mungkin dianggap kecil seperti itu, dan segera menanganinya melalui pemeliharaan dan perawatan.

“Kabupaten Pangandaran sering didatangi para wisatawan dari berbagai daerah. Jika yang dilewatinya bagus, bersih, saya rasa kesan pertama pun akan berbeda. Namun jika melihat banyak rumput seperti di bundaran Emplak, ceritanya juga akan lain,” ujar Endang.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pangandaran, Tonton, mengatakan, pemeliharaan taman di bundaran Emplak bukan ranah pihaknya.

“Jadi kami tidak bisa berbuat banyak. Jika itu ranah kami, sudah dari dulu dirawat dan dipercantik,” tandasnya.

Tonton juga mengakui, bahwa banyak masukkan kepada pihak dinasnya mengenai keberadaan taman di bundaran Emplak, yang kini ditumbuhi rumput liar.

“Tapi ya itu tadi, bukan ranah kami sehingga kami tidak bisa berbuat apa-apa,” jelasnya. (Ntang/R3/HR-Online)

- Advertisment -