Taman Minimalis Tanpa Lahan, Kreasi Unik dan Menarik

Taman Minimalis Tanpa Lahan
Taman Minimalis Tanpa Lahan

Taman minimalis tanpa lahan dapat anda buat untuk membuat suasana ruangan sejuk dan asri. Meskipun anda tinggal di sebuah apartemen atau rumah dengan lahan sempit sekalipun. Salah satu caranya adalah dengan mengkreasikan konsep sebuah taman tanpa lahan.

Ruangan Sejuk dan Asri dengan Taman Minimalis Tanpa Lahan

Meskipun hanya memiliki lahan kosong yang terbatas, namun anda tidak perlu khawatir untuk dapat mempunyai area yang hijau. Ukuran tidak menjadi satu hal yang mutlak untuk membuat taman yang asri.

Taman dapat dibuat meskipun lahan sangat terbatas. Taman minimalis tanpa lahan dapat menghemat ruangan dengan perawatan yang sederhana.

Taman tanpa lahan akan lebih menghemat pengeluaran perawatan. Selain itu, suasana rumah akan lebih segar dan sejuk. Begitu pula dengan sirkulasi udara akan lebih baik. Berikut kami beri ulasan mengenai trik membuat taman minimalis tanpa lahan.

1. Taman Minimalis dengan Tanaman Gantung

Suasana ruangan dapat dipercantik dengan taman dari pot gantung. Ukuran pot dapat disesuaikan dengan kebutuhan atau jenis tanamannya.

Anda dapat mengisi pot dengan aneka tanaman seperti bunga Anggrek, Geranimun, Lantana, Portulaca, Bowiea Volubilis, Begonia dan masih banyak lagi.

Bunga-bunga akan lebih indah saat mulai muncul. Anda tinggal menyemprotkan air secara rutin saja, karena semua tanaman ini tidak membutuhkan perawatan ekstra.

Pot gantung merupakan solusi taman minimalis tanpa lahan yang atraktif dan juga dekoratif. Jika ingin terlihat menarik lagi, anda dapat memilih pot lucu dalam berbagai bentuk yang unik.

2. Tanaman Rambat di Atap Rumah

Untuk menanam tanaman hijau tidak hanya diletakkan di atas tanah saja. Anda juga dapat menanam di atap rumah berupa tanaman rambat.

Pot yang telah di beri tanah gembur dan humus, kemudian ditanami dengan aneka tanaman rambat. Kemudian tata besi penyangga dengan sejajar ke arah atap.

TCL

Tanaman yang dapat anda tanam misalnya saja Alamanda, Thunbergian, Ipomea dan Mandevilla.

Untuk menambah variasi, anda dapat mengkombinasikan bunga yang berbeda. Namun, jika saat musim berbunga bisa tampak lebih indah, maka susunlah bunga sesuai dengan warna kelopak yang sama.

3. Taman Vertikal

Selain rumah dengan lahan yang sempit, taman vertikal juga dapat diterapkan di gedung-gedung tinggi atau perkantoran.

Anda dapat membuat taman minimalis tanpa lahan dengan konsep vertikal dengan pot bertingkat atau raised bed planter. Toko perlengkapan taman sudah banyak yang menyediakan jenis pot ini. Peletakan pot bisa pada dinding belakang, halaman depan, tangga atau samping kamar tidur.

Berita Terkait: Desain Rumah Ramah Lingkungan dan Hemat Energi

Jika ingin menata pot pada bagian dinding, maka bisa memanfaatkan papan kayu. Selain itu, juga bisa menggantung pot pada dinding dengan pola lurus atau zig-zag sesuai selera.

Agar pemanfaatan ruangan lebih maksimal, sebaiknya pilih pot yang berukuran kecil. Jenis tanaman yang sesuai adalah bunga-bunga dengan warna yang cerah atau tanaman herbal seperti ketumbar, seledri, daun mint atau kemangi.

4. Taman dari Botol Bekas

Media untuk menanam tidak harus selalu dibeli. Anda dapat memanfaatkan barang yang sudah ada dan mengalihkan fungsinya sebagai pot seperti botol plastik daur ulang. Cara ini akan semakin membuat ramah lingkungan. Selain itu tampilan juga akan semakin unik.

Cara membuatnya, lubangi botol bekas pada satu sisi botol arah vertikal atau horizontal. Kemudian isi dengan bebatuan kecil, tanah gembur dan humus.

Lalu tanamlah bibit bunga atau bunga yang sudah tumbuh. Misalnya saja Petunia, Aygocactur, Geranium dan jenis bunga lainnya.

Perawatannya taman minimalis tanpa lahan pun sangat mudah sekali. Anda tinggal menyemprotnya dengan air secara rutin. Tempatkan botol di tempat yang teduh dan cukup terkena sinar matahari.

5. Taman Kecil di Balkon Rumah

Jika lahan di halaman sempit, maka area balkon dapat anda manfaatkan untuk membuat taman. Jenis tanaman yang sesuai adalah kaktus mini, Lantana, Euphorbia, Portulaca, Kaliandra Merah dan masih banyak lagi.

Jenis tanaman tersebut mampu bertahan terhadap sinar matahari sepanjang hari. Karena letak balkon yang selalu terpapar sinar matahari, maka jenis tanaman harus disesuaikan.

Berita Terkait: Intip Karakteristik Rumah Ideal untuk Milenial 2019 yang Paling Banyak Dicari

Cara membuat taman kecil di balkon rumah dengan menggunakan pot khusus yang diberi tali. Kemudian diikatkan pada bagian balkon apartemen atau rumah.

Lahan yang sempit bukan halangan yang berarti untuk mempunyai taman. Dengan berbagai ide yang kreatif seperti membuat tanaman pot gantung, pot vertikal, taman di balkon udara yang sejuk dan asri dapat anda nikmati.

Taman minimalis tanpa lahan dengan mudah dapat anda buat. Cukup dengan memanfaatkan media di sekitar ditambah dengan tanaman-tanaman yang sesuai. (R10/HR-Online)

Loading...