Tanda Bearing Motor Rusak, Penyebab dan Penanggulangannya

tanda bearing motor rusak
Bearing motor. Foto: Ist/Net

Tanda bearing motor rusak perlu diketahui bagi setiap pengguna sepeda motor. Pentingnya kenyamanan dan keamanan dalam berkendara, hal ini tidak boleh diabaikan.

Bearing atau lebih dikenal dengan laher, keberadaannya sering disepelekan mengingat bentuknya yang kecil. Namun, bearing sendiri berfungsi sebagai penggerak roda motor. Jika terjadi kerusakan, jelas akan sangat mengganggu.

Tanda Bearing Motor Rusak yang Perlu Diketahui

Kerusakan pada bearing motor tidak dapat kita hindari. Bahkan kerusakan semacam ini dapat terjadi sewaktu-waktu.

Sebagai pengendara motor, harus siap dengan segala kemungkinan yang akan terjadi. Maka dari itu, berikut ini kami ulas secara lengkap tanda-tanda bearing motor yang rusak beserta penyebab dan cara menanganinya.

Putaran Roda

Tanda yang pertama kali dapat dilihat adalah dengan merasakan putaran roda. Jika putaran roda telah menunjukkan ketidaknyamanan lagi, maka ada kemungkinan bearing terjadi kerusakan.

Tanda bearing motor rusak ini dapat kita ketahui saat sedang mengendarai sepeda motor. Ketika melaju, putaran roda terasa sudah tidak maksimal seperti biasanya.

Namun, mengetahui tanda kerusakan ini hanya mengandalkan feeling saja. Kemungkinannya sangat kecil mencari tanda bearing motor yang rusak dengan cara ini.

Tanda ini diperuntukkan bagi mereka yang memiliki kepekaan terhadap kondisi motor saat digunakan. Sedangkan kita tahu, tidak semua pengendara motor dapat menggunakan feeling mereka.

Kelonggaran Poros Roda Motor

Tanda yang selanjutnya, dapat dilihat dari kondisi poros roda motor yang sudah longgar. Ketika poros roda motor longgar, maka sudah dapat dipastikan jika bearing motor mengalami kerusakan.

Untuk mengetahui tanda ini cukup mudah dilakukan. Langkah awalnya dengan menggoyang-goyangkan roda motor ke kanan dan ke kiri.

TCL

Saat melakukan hal ini, maka akan sangat terasa perbedaan poros roda motor yang longgar dengan yang tidak. Sebagai pembandingnya lakukan pada kedua roda, depan dan belakang.

Sebenarnya langkah ini perlu dilakukan secara rutin. Pasalnya, untuk mengetahui tanda bearing motor rusak sejak dini.

Suara Roda Motor Kasar

Ketika anda sedang mengendarai sepada motor dan menemukan suara kasar pada roda motornya, maka segeralah waspada. Suara kasar pada roda motor ini menandakan bearing motor yang rusak.

Akan lebih terasa lagi jika motor digunakan pada jalanan bergelombang dan berlubang. Suara kasar ini akan semakin terdengar jelas. Tidak hanya itu saja, saat motor digunakan dalam kecepatan yang tinggi suara kasar juga akan terdengar semakin bergemuruh.

Stir Berat dan Bergetar

Selanjutnya adalah kondisi kemudi motor yang tidak stabil. Terutama saat digunakan pada jalan yang menikung.

Motor akan sangat susah dikendalikan. Pasalnya, kemudi motor akan terasa berat sebelah sehingga keseimbangannya terganggu.

Kondisi kemudi yang seperti ini merupakan tanda bearing motor rusak. Selain kondisi stir yang berat, juga terasa bergetar saat digunakan.

Anda akan merasakan goncangan yang cukup kuat. Terutama saat berkendara di jalan yang kurang rata atau berbatu.

Penyebab Bearing Motor Rusak

Bearing motor yang rusak tidak mungkin akan muncul dengan sendirinya. Pastinya disebabkan karena beberapa hal.

Satu diantaranya adalah cara berkendara yang kurang tepat. Sering kita lihat pengendara motor yang kurang berhati hati saat melintasi jalan berlubang.

Jika terdapat lubang dijalan alangkah lebih baiknya jika lubang tersebut dihindari. Sepeda motor yang sering melintasi jalan berlubang, menyebabkan bearing cepat mengalami kerusakan.

Selain tanda bearing motor rusak perlu diperhatikan, perawatan motor juga tidak kalah pentingnya. Semakin motor rutin dirawat maka kerusakan bearing motor dapat diminimalisir.

Cara Mengatasi Bearing Motor Rusak

Jika bearing motor sudah mengalami kerusakan, maka yang perlu kita lakukan adalah dengan mengganti bearing motor dengan yang baru. Bearing motor sendiri memiliki sifat penggunaan yang cepat.

Bearing motor juga tidak dapat diperbaiki begitu saja. Penggantiannya pun tidak bisa disamakan dengan komponen motor lainnya.

Bearing motor yang sudah dirusak harus segera dilakukan penggantian. Jika tidak dilakukan dengan segera, maka akan menimbulkan kerusakan lainnya.

Keselamatan dan keamanan dalam berkendara adalah yang utama. Tanda bearing motor rusak dapat kita cegah dengan mengetahui penyebabnya. Ketika mengalami kerusakan pun harus ditangani dengan cepat dan tepat. (R10/HR-Online)

Loading...