Tanggul Saluran Pembuangan di Banjarsari Ciamis Jebol Akibat Hujan Lebat

Tanggul Saluran Pembuangan
Kepala UPTD DPUPRP wilayah Banjarsari, Suparman, saat meninjau tanggul saluran pembuangan di Desa Ciulu, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat yang jebol, Kamis (9/1/2020). Foto : Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Selain mengakibatkan banjir di wilayah Banjarsari, intensitas hujan yang terjadi sepekan menyebabkan salah satu tanggul saluran pembuangan di Desa Ciulu, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat jebol.

Kepala UPTD Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (DPUPRP) wilayah Banjarsari, Suparman, membenarkan adanya tanggul saluran jebol yang terjadi akibat curah hujan.

“Betul, tadi juga kami telah meninjau ke lokasi tanggul yang jebol di Desa Ciulu,” ujarnya kepada HR Online, Kamis (9/1/2020).

Suparman menuturkan, tingkat kerusakan tanggul jebol ini sepanjang 3.20 meter, dengan lebar 2 meter serta ada retakan sepanjang 10 meter.

Mengingat jebolnya tanggul ini, lanjut Suparman, berdampak buruk terhadap area pesawahan warga. Maka, pihaknya akan segera melakukan upaya perbaikan.

“Insya Allah hari ini juga kita lakukan perbaikan,” ucap Suparman.

Menurutnya, meski sifatnya hanya sebatas sementara karena ini sangat urgen, maka untuk penanggulangan sementara pihaknya melakukan dengan menggunakan tanah yang dibungkus karung.

“Mengingat intensitas hujan saat ini selalu besar, kami juga mengimbau kepada seluruh masyarakat agar selalu meningkatkan kewaspadaan, serta selalu berkoodinasi dengan ketika ada sebuah kejadian yang sangat urgen,” pungkasnya. (Suherman/R5/HR-Online)

Loading...