Terkait Virus Corona, SMKN 2 Ciamis Pantau Kondisi Alumni di Luar Negeri

Virus corona
Kampus SMK Negeri 2 Ciamis. Foto: Istimewa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com).- Hampir seluruh dunia merasa khawatir mengenai kabar penyebaran virus corona. Kekhawatiran itupun dirasakan keluarga besar SMKN 2 Ciamis Jawa Barat. Pasalnya, sejumlah alumni sekolah ini melanjutkan pendidikan dan bekerja di luar negeri. 

“Ada 11 alumni SMKN 2 Ciamis yang bekerja dan melanjutkan sekolah di luar negri,” terang Ugi Sugianto, Koordinator Bursa Kerja Khusus (BKK) SMKN 2 Ciamis, Selasa (28/01/2020). 

Ugi menjelaskan, para alumni SMKN 2 Ciamis mengikuti seleksi bekerja di luar negeri. Mereka disalurkan pihak sekolah bekerjasama dengan beberapa perusahaan. Namun pastinya, para alumni tersebut disalurkan di Negeri Sakura Jepang. 

“Memang wabah virus corona berasal dari Kota Wuhan China. Namun kami juga khawatir di beberapa negara tetangganya, menurut berita ada yang terdampak,” ungkapnya. 

Selain itu, menurut Ugi, pihaknya sampai saat ini terus memantau perkembangan mengenai kabar alumni di Negeri Sakura Jepang. Salah satunya melihat melalui aktifitas alumni di media sosial intagram maupun facebook. 

“Alhamdulilah melihat anak-anak disana pada sehat, dan kami akan terus memantau perkembangannya setiap hari,” jelasnya. 

Lebih lanjut Ugi menuturkan, alumni SMKN 2 Ciamis tersebar di beberapa perusahaan Jepang. Dan kebanyakan di perusahaan manufaktur dan perusahaan pembuatan mesin kendaraan. 

“Awalnya yang disalurkan sebanyak 13 orang, dan yang melanjutkan sekolah 2 orang. Karena ada  yang habis kontrak bekerja, mereka dipulangkan ke rumahnya,” katanya. 

Kepaa para orang tua, Ugi menghimbau agar jangan panik terkait isu virus corona. Karena pastinya, pihak sekolah juga akan selalu intens memonitor dan jangan sampai terpancing berita berita bohong (Hoax). 

“Pastinya ada berita-berita resmi dari pemerintah ataupun pihak sekolah mengenai perkembangan anak di Negeri Sakura Jepang. Untuk sejauh ini, aman,” pungkasnya. (Fahmi/Koran-HR)