Tiga Hektare Sawah di Desa Rawa Ciamis Terdampak Longsor

Tiga Hektare Sawah di Desa Rawa Ciamis Terdampak Longsor
Kolam ikan dan sawah milik warga di Blok Pasir Simpur, Dusun Parung sari RT 32 RW 12, Desa Rawa, Kecamatan Lumbung, tertimbun material longsor tanah dan pepohonan, Jumat (24/1/2020). Foto:Edji Darsono/HR

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Hujan deras yang terjadi dalam sepekan ini, menyebabkan tebing yang berada di Blok Pasir Simpur Dusun Parung sari RT 32 RW 12, Desa Rawa, Kecamatan Lumbung, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, longsor Jumat (24/1/2020).

Akibatnya, sekitar tiga hektare areal pesawahan dan kolam di sekitar lokasi ikut terdampak. Dari pantauan, beberapa kolam ikan dan sawah milik warga setempat, tertimbun material longsor yang notabene tanah dan pepohonan.

Musibah longsor di Desa Rawa dibenarkan Kepala Urusan (Kaur) Ekonomi Pembangunan (Ekbang) Desa Rawa, Ade Saepudin. Hanya saja, pihaknya tidak mengetahui secara pasti, kapan tebing yang berada di Blok Pasir Simpur itu longsor.

“Namun diperkirakan longsor tebing ini terjadi pada Jumat (24/1/2020) dini hari karena baru ketahui oleh masyarakat pada pagi harinya,” ujarnya Ade, kepada HR Online.

Ade, mengakui, jika tanah di Blok Pasir Simpur terbilang sangat labil. Sehingga ketika diguyur hujan terus menerus dalam sepekan ini, tanah di tebing tak kuat menahan beban dan akhirnya longsor.

Kepala Seksi Pemerintahan Desa Rawa, Kurniawan, menambahkan, kendati longsor tebing ini tidak menimbulkan korban jiwa, namun sawah dan kolam milik masyarakat lebih dari tiga hektare terkena dampak.

Hingga kini, belum menghitung kerugian secara pasti, namun di perkirakan mencapai puluhan juta rupiah.

“Dalam hal ini, pihak Pemerintah Desa baru menyampaikan laporan adanya musibah tanah longsor kepada Pemerintah Daerah,” pungkasnya. (Edji Darsono/R8/HR Online)

Loading...