Tips Merawat Vespa Tua Agar Selalu Prima dan Aman Dikendarai

Tips Merawat Vespa Tua
Ilustrasi Tips Merawat Vespa Tua. Foto: Istimewa

Jika anda termasuk penggemar motor klasik, pastikan anda tahu tips merawat Vespa tua. Tak bisa dipungkiri bahwa kendaraan yang sudah berumur tua memang sering bermasalah.

Perawatan pun dilakukan supaya motor tak mudah mogok dan mesinnya tetap awet. Perlu untuk anda ketahui juga, meski bukan keluaran terbaru, namun Vespa tua masih banyak diminati kalangan muda.

Hal ini dikarenakan Vespa memiliki body yang kokoh dan model unik. Selain itu, Vespa juga termasuk motor langka sehingga menjadi kebanggaan tersendiri jika bisa memilikinya.

Tips Merawat Vespa Tua

Jika anda ingin Vespa tua yang anda miliki tetap awet atau mungkin tertarik untuk memilikinya, ada baiknya anda ketahui apa saja trik perawatannya. Berikut ulasannya.

Mencukupi Oli Samping

Salah satu tips merawat Vespa tua agar tetap aman dan nyaman dikendarai yaitu memperhatikan dan mencukupi oli sampingnya.

Berita Terkait: Fantastis, Vespa Tertua di Dunia Terjual Rp.2,6 Miliar

Sebagaimana yang kita tahu, oli samping memiliki peranan yang sangat penting pada mesin dua tak. Tanpa adanya oli samping, maka mesin akan cepat panas.

Selain itu, piston yang tengah bekerja juga bisa tersangkut. Hal ini tentu saja membuat performa mesin menjadi menurun. Maka dari itu, anda harus selalu mengecek oli samping.

Jika sudah berkurang atau mulai habis, anda bisa mencukupinya lagi. Namun pastikan anda tak memberikan terlalu banyak oli samping.

Kondisi ini bisa dilihat dari businya yang terlihat basah. Beri oli samping secukupnya saja. Pastikan juga oli samping yang digunakan memiliki kualitas bagus dengan bahan aditif tinggi.

Rutin Ganti Oli Mesin

Selain mencukupi oli samping, anda juga harus rutin mengganti oli mesin dalam kurun waktu sebulan sekali. Tips merawat Vespa tua ini dianjurkan jika Vespa digunakan untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

TCL
Berita Terkait: Vespa Primavera S Indonesia Versi Limited Edition Lebih Dinamis, Ini Spesifikasi dan Harganya

Lain halnya jika Vespa jarang digunakan, maka penggantian oli mesin bisa dilakukan minimal 2 bulan sekali. Dengan rutin ganti oli mesin, dijamin Vespa mampu menunjang setiap perjalanan anda dengan baik.

Cek Karburator Secara Berkala

Perawatan Vespa tua lainnya yaitu mengecek karburator secara berkala. Perlu untuk anda ketahui bahwa karburator membantu proses pembakaran mesinnya.

Karburator ini berperan penting dalam menghasilkan campuran bahan bakar dan udara berupa kabut. Dengan begitu, bahan bakar tersebut bisa dinyalakan oleh busi dengan mudah.

Apabila karburator bermasalah, maka Vespa akan sulit dihidupkan. Maka dari itu, periksa karburator secara rutin setidaknya sebulan sekali. Tips merawat Vespa tua yang satu ini memang penting untuk diperhatikan.

Peka Terhadap Bunyi Magnet Kipas Mesin

Dalam merawat Vespa tua, anda dituntut untuk peka terhadap segala bunyi yang muncul. Misalnya saja, bunyi yang ditimbulkan dari magnet kipas mesinnya.

Berita Terkait: Vespa GTS Supertech 300 di Indonesia Harganya Setara Toyota Agya Baru

Jika magnet kipas mesin terdengar berisik, kemungkinan ada permasalahan pada bagian koplingnya. Untuk itu, segera cek bagian tersebut.

Gunakan Bahan Bakar yang Sesuai

Tips merawat Vespa tua lainnya yaitu anda harus memperhatikan bahan bakar yang digunakan. Pastikan anda menggunakan bahan bakar yang memang dianjurkan untuk motor tua.

Dalam hal ini, Vespa tua sebaiknya diisi dengan bahan bakar yang memiliki oktan tinggi. Misalnya saja, Pertamax (Pertamina) atau bisa juga Shell super.

Perlu untuk anda ketahui, penggunaan bahan bakar yang oktannya rendah bisa meninggalkan banyak jelaga pada komponen pembakarannya.

Jika hal ini terus dilakukan, maka jelaga akan semakin menumpuk. Lama-kelamaan kinerja mesin pun akan terhambat.

Periksa CDI

Agar motor Vespa tua tetap handal digunakan untuk mengaspal jalanan, pastikan anda selalu mengecek CDI. Seperti yang kita tahu CDI termasuk komponen penting pada motor.

CDI yang bermasalah itu sendiri bisa diketahui dari suara knalpot yang terdengar meledak, tersendat-sendat, atau seperti nembak.

Merawat Accu

Tips merawat Vespa tua lainnya yaitu merawat accu. Komponen yang satu ini akan langsung terisi arus listrik ketika mesin dihidupkan. lainnya yaitu merawat accu. Komponen yang satu ini akan langsung terisi arus listrik ketika mesin dihidupkan.

Berita Terkait: Vespa LX 125 i-get Meluncur dengan Spesifikasi Baru, Seperti Ini Desain dan Harganya

Karena termasuk komponen vital dan banyak bekerja, maka akan menyebabkan munculnya karat. Namun karat bisa dicegah dengan rutin melakukan perawatan setidaknya sebulan sekali.

Dalam memberikan perawatan, anda hanya perlu kontrol dan isi air accu. Selain itu, bersihkan pula kepala accu dengan kuas yang sudah dibasahi air panas.

Dengan mengetahui dan mempraktekkan beberapa tips merawat Vespa tua di atas, dijamin performa motor kesayangan anda akan tetap prima. (R10/HR-Online)

Loading...