Tombol IGTV Hilang dari Aplikasi Instagram, Ini Alasannya

tombol IGTV hilang
Tombol IGTV hilang dari aplikasi Instagram. Foto: Ist/Net

Tombol IGTV hilang, alasannya adalah banyak yang tidak mengklik tombol tersebut. Pengguna Instagram hampir mencapai 1 miliar, namun aplikasi mandiri IGTV hanya didownload oleh 7 juta orang dalam 18 bulan.

Para pengguna tidak perlu aplikasi IGTV untuk menonton video secara terpisah. Karena aplikasi utama telah menyematkan IGTV.

Anda tinggal mengaksesnya melalui in-feed, stiker promo di stories, tab dari halaman explore dan tab profil. Namun pada kenyataannya, para pengguna IGTV tidak dapat mengaksesnya.

Tombol IGTV Hilang, Alasan Instagram Menghapusnya

Layanan video berdurasi panjang dari Instagram yang diberi nama IGTV diluncurkan pada 2018 lalu. Jika anda buka aplikasinya, maka tombol akan terdapat di sebelah kanan atas dan berwarna orange.

Tombol IGTV tersebut tidak sepenuhnya hilang. Anda masih dapat mencarinya lewat preview atau cuplikan IGTV di feed Instagram.

Setelah diketahui bahwa relatif sedikit orang yang mengklik tombol IGTV, maka Instagram telah memutuskan untuk menghapusnya.

Sangat minim sekali orang yang mengklik ikon IGTV di layar utama aplikasi Instagram. Analis sebelumnya dikatakan kepada CNN Business jika IGTV tidak banyak dimanfaatkan oleh sebagian besar selebritas maupun duta besar merk.

Tombol IGTV hilang disebabkan oleh beberapa hal, kami akan berikan ulasannya di bawah ini.

Tidak Ada Uang di IGTV

Beberapa influencer dari media sosial menjelaskan mengenai alasan utama IGTV dihilangkan. Salah satunya adalah mengenai IGTV yang belum begitu populer. Dengan demikian, Instagram tidak dapat menghasilkan sejumlah uang dari fitur tersebut.

Lain halnya di YouTube, video dengan durasi yang serupa akan disertai iklan yang akan menambahkan pendapatan untuk pembuatnya.

Banyak orang yang enggan untuk menonton konten di IGTV. Sehingga para influencer tidak membuat platform untuk itu.

TikTok dan YouTube sejauh ini telah memberikan platform yang jauh lebih baik untuk konten semacam itu sehingga tombol IGTV hilang mulai dihilangkan dari Instagram.

Minimnya monetisasi yang menjadikan alasan para kreator tidak mau mengunggah kontennya di IGTV. Sehingga lebih memilih YouTube atau aplikasi lainnya.

Dukungan finansial yang diberikan Instagram dan Facebook kepada pencipta IGTV satu-satunya hanyalah berupa penggantian biaya produksi untuk beberapa selebriti.

Kontrak tersebut juga mempunyai beberapa persyaratan. Diantaranya adalah pembuat konten tidak boleh menyuguhkan konten yang berhubungan dengan masalah sosial, politik dan juga seputar Pemilihan Umum.

Persaingan

Tiktok merupakan aplikasi untuk berbagi video. Hingga saat ini popularitasnya sangat meledak. Sementara IGTV tidak mempunyai resonansi yang serupa. Pada tahun 2019, Apptopia mendapat sekitar 700 juta unduhan, kemudian untuk unduhan IGTV hanya 6 juta.

Perbandingan tersebut jauh lebih kecil bagi IGTV. Instagram telah mengalami pasang surut pada tahun lalu.

Instagram dapat bersaing kembali jika mempunyai terobosan yang baru. Popularitasnya memang dirasa sulit untuk terangkat.

Banyak cara telah dilakukan Instagram sebelumnya hingga kini tombol IGTV hilang. Misalnya saja, menyisipkan review pada feed Instagam.

Selain itu, IGTV juga memungkinkan untuk menayangkan video secara horizontal. Konsep awal yang diubah dengan konsep menyuguhkan video panjang di perangkat mobile secara vertikal.

Namun cara-cara tersebut juga belum dapat mendongkrak jumlah penonton. Jumlah konten yang telah diunggah ke IGTV juga tidak mengalami peningkatan.

Cara Upload Video Terbaru

Meskipun icon IGTV telah dihilangkan tampilannya dalam aplikasi Instagram, namun anda masih dapat mengupload video.

Tombol yang biasanya berada di sisi kiri tombol pesan langsung kini sudah tidak ada lagi. Bagi para pengguna yang menginginkan video IGTV, masih dapat menemukan cuplikannya.

IGTV dapat anda temukan di tab eksplor atau feed Instagram. Selain itu, juga dapat langsung mencari profil kreator yang diinginkan.

Cara mengunggah video ke IGTV dapat dilakukan dengan cara membuka aplikasi Instagram. Kemudian klik Tanda + pada beranda anda.

Pilihlah video yang ingin anda upload. Lalu anda akan disuguhkan pada dua pilihan ungguhan video.

Pertama, video pendek yang berdurasi selama satu menit dan yang kedua adalah video panjang untuk dibagikan ke video IGTV.

Jika sudah dipilih, selanjutkan tambahkan judul dan deskripsi. Postingan cuplikan video dapat anda unggah ke beranda Instagram dan profil atau membagikannya ke halaman Facebook.

Instagram telah mengalihkan fokusnya dan tidak mengutamakan IGTV sebagai layanan yang terpisah. Tombol IGTV hilang dari aplikasi Instagram.

Para pengguna Instagram yang menginginkannya dapat mengunggah video IGTV melalui antarmuka yang sama. Seperti saat menggunakan metode unggahan video untuk feed utama. (R10/HR-Online)

Loading...