Rabu, Mei 25, 2022
BerandaBerita CiamisTPT Amblas, Tembok Rumah Warga Jelat Ciamis Hampir Jebol

TPT Amblas, Tembok Rumah Warga Jelat Ciamis Hampir Jebol

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Sebuah tembok penahan tebing atau TPT, milik warga di Dusun Nanggewer RT 01 RW 02 Desa Jelat, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, amblas Sabtu (4/1/2020), sekitar pukul 18.00 WIB.

Amblasnya TPT tersebut, merusak sebuah rumah yang ada di bawahnya. Dinding rumah milik Enok, hampir jebol akibat tertimbun material tanah yang terbawa TPT yang amblas.

Ketua Forum Koordinasi Taruna Siaga Bencana (FK Tagana) Kabupaten Ciamis, Ade Waluya, membenarkan adanya kejadian tersebut TPT amblas di Desa Jelat Kecamatan Baregbeg.

Mendapat laporan adanya bencana TPT amblas dan menimpa rumah warga, pihaknya langsung meluncur ke lokasi, melakukan assesment dan membantu mengevakuasi material TPT yang amblas.

Kata dia, hujan deras yang terus mengguyur wilayah Jelat dengan waktu yang cukup lama, menjadi penyebab amblasnya TPT tersebut.

“Beruntung, rumah yang terdampak tidak sampai jebol dan menimbulkan korban luka atau jiwa,” ujar Ade Waluya.

Namun kerugian akibat kejadian tersebut ditaksir mencapai jutaan rupiah. Dinding tembok rumah korban mengalami retakan cukup parah, dan harus segera diperbaiki agar tidak semakin parah.

“Kami imbau bagi warga yang rumahnya berada di lokasi yang bertebing, agar selalu waspada, karena bencana longsor bisa saja terjadi akibat intensitas hujan yang tinggi,” pungkasnya. (Jujang/R8/HR Online)

- Advertisment -