Tumis Pepaya Muda, Masakan Favorit Presiden Jokowi yang Kaya Manfaat

Tumis Pepaya Muda, Masakan Favorit Presiden Jokowi yang Kaya Manfaat
Tumis pepaya muda merupakan salah satu menu masakan favorit Presiden Jokowi. Selain lezat, tumis pepaya muda juga kaya akan manfaat baik untuk kesehatan. Foto:Ist/net

Tumis pepaya muda menjadi salah satu olahan penganan yang cukup disukai banyak orang di Indonesia. Tak hanya kalangan biasa, namun ternyata, Presiden Jokowi pun menyukai masakan yang berbahan utama pepaya mentah itu.

Hal itu diakui Koki Kepresidenan RI Tri Supriharjo. Tri mengaku, para koki di istana tidak kesulitan menghidangkan menu masakan untuk Presiden Jokowi, karena menunya cukup sederhana.

Kata dia, Presiden Jokowi lebih menyukai makanan rumahan, salah satunya tumis pepaya muda. Selain tumis pepaya, Presiden pun kerap menyantap sup ayam, soto kuning, sayur bening, oseng-oseng tempe dan mie ketoprak.

Meski sederhana dalam memilih menu makan, Presiden Jokowi selalu terlihat bugar dan sehat. Jarang sekali muncul berita Presiden ke 7 Republik Indonesia ini sakit.

Ternyata, kiat sehat Jokowi selain karena sering olahraga dan minum jamu, menu makanan sehari-hari Jokowi yang rata-rata berbahan sayuran, sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuhnya, termasuk tumis pepaya muda.

Pepaya merupakan tanaman buah yang mudah tumbuh dimana saja, terutama di daerah tropis seperti Indonesia. Kebanyakan orang lebih memilih mengonsumsi buah pepaya matang, karena selain rasanya enak dan manis, juga bagus untuk kesehatan.

Selain dikonsumsi dalam keadaan matang, pepaya muda juga bisa diolah dan dikonsumsi. Selain dijadikan tumis, pepaya mentah juga bisa dijadikan lalapan pecel dan lainnya. Selain bisa dijadikan menu masakan yang lezat, pepaya mentah kaya akan gizi seperti sumber magnesium,  vitamin A, B, C, E dan potasium.

Kandungan pepain dalam pepaya muda juga lebih banyak ketimbang pepaya matang. Pepain merupakan enzim proteolitik yang baik untuk kesehatan tubuh karena mampu memecah protein menjadi fragmen protein yang lebih kecil yang disebut peptida dan asam amino.

Manfaat Pepaya Muda

Berikut kami rangkum beberapa manfaat pepaya muda untuk kesehatan dan obat beberapa penyakit:

1.Bantu Penyembuhan Luka

Kandungan pepain pada pepaya muda dapat digunakan sebagai obat alami untuk menyembuhkan luka, bisul kulit, dan kondisi skait kulit lainnya.

Pepaya mentah mengandung enzim protease yang tinggi. Itulah sebabnya pepaya mentah mempunyai sifat menghilangkan lemak dan membantu menyembuhkan luka lebih cepat. Kandungan magnesium, kalium, vitamin A, B, C dan E juga terbukti ampuh meringankan kondisi kulit tertentu yang mengalami peradangan.

2. Meringankan radang tenggorokan

Pepain pada pepaya muda juga terbukti ampuh meringankan gejala radang tenggorokan, seperti, nyeri, bengkak dan rasa panas. Sejumlah penelitian menyebutkan, enzim proteolitik pada pepaya ampuh mengurangi peradangan daripada obat anti-inflamasi.

Pepain dan enzim proteolitik ini bisa digunakan untuk membantu penyembuhan luka serta mengurangi pembengkakan pada tenggorokan.

3. Atasi sembelit

Kandungan caricol pada pepaya dipercaya mampu meringankan gejala pada saluran pencernaan seperti sembelit dan kembung. Caricol secara signifikan meringankan sembelit dan kembung pada seseorang yang mengalami disfungsi gastrointestinal kronis.

Pepaya muda juga mengandung serat yang tinggi. Kandungan enzim lateksnya, dipercaya ampuh membersihkan perut dan melancarkan BAB. Kandungan serat pada pepaya mampu menyerap air sehingga dapat melunakkan tinja.

4. Detoksifikasi tubuh

Selain ampuh membantu meningkatkan sistem pencernaan, manfaat pepaya mentah juga baik untuk membantu membuang racun dari tubuh. Serat tinggi yang ada pada pepaya mentah, mampu membersihkan usus besar dari segala kotoran.

5. Atasi Berbagai Masalah Kulit

Berbagai penelitian membuktikan bahwa, mengonsumsi pepaya muda secara rutin dapat mengatasi berbagai masalah kulit seperti noda jerawat dan pigmentasi. Pepaya hijau mampu melarutkan sel mati, karenanya banyak produk kecantikan dan sabun yang berbahan dasar pepaya.

Cara Konsumsi

Pepaya muda bisa dikonsumsi secara langsung ataupun dijadikan olahan masakan. Daging pepaya mentah memiliki tekstur yang cukup keras. Apabila anda ingin mengonsumsinya, kupas dulu kulit pepaya mentah menggunakan pengupas atau pisau.

Lalu potong-potong dan makan langsung setelah dicuci. Anda juga bisa memberi perasan jeruk nipis atau lemon, agar sensasi makan pepaya mentah lebih lezat.

Selain dikonsumsi secara langsung, anda juga bisa mengolah pepaya muda dalam berbagai olahan makanan, seperti dimasukan pada salad buah. Masukan potongan atau parutan pepaya mentah kedalam salad buah yang sudah terisi pisang, jeruk, beri lalu aduk dan masukan saus yogart.

Cara mengonsumsi pepaya muda yang terakhir yakni jadikan tumis. Tumis atau oseng pepaya digemari masyarakat Indonesia sejak dulu. Olah tumis pepaya dengan berbagai bumbu rempah untuk memperkaya rasa dan menambah kenikmatan. Selamat mencoba! (Jujang/R8/HR Online)

Loading...