Kamis, Mei 19, 2022
BerandaArtikelTVS iQube, Skuter Listrik yang Cocok untuk Cewek Gaul

TVS iQube, Skuter Listrik yang Cocok untuk Cewek Gaul

TVS iQube baru saja mengaspal di India. Motor listrik ini bisa menjadi idola baru untuk cewek gaul. Sebab, skuter listrik TVS iQube ini sangat ramah lingkungan, irit dan nyaman digunakan.

Memang saat ini skuter listrik menjadi primodana, sehingga membuat perusahaan otomotif tidak sedikit yang memproduk motor berdaya dari baterai ini.  

Sebut saja Kymco I-One DX, Gesits buatan anak dalam negeri, Honda Benly dan masih banyak lagi.

Sementara untuk TVS iQube, diklaim bahwa motor matic listrik ini memiliki beberapa keunggulan. Salah satunya adalah dari sisi teknologi yang dipakai pada motor ini.

Untuk teknologinya seperti perangkat lunak atau software dan baterai dibikin di India. Motor matic berdaya baterai ini dibekali dengan teknologi yang bisa menghubungkan dengan smartphone, yaitu via platform SmartXonnect terbaru.

Foto : TVS India

Sementara di bagian depan dan belakangnya baik itu sein atau riting dan DLR, juga sudah dipasang lampu berteknologi LED. Untuk lampu depan TVS iQube ini berbentuk ā€œUā€, yang juga terdapat logo ‘electrik’.

Selain itu didukung pula fitur Q-park assist untuk membantu memarkirkan motor matic listirk ini. Namun untuk fitur Q-park assist ini tidak berupa parkir otomatis, akan tetapi menggunakan gigi mundur.

Fitur lainnya, indikator keadaan baterai, lokasi parkir terakhir, peringatan over-speed, asistensi navigasi, Geo-Fencing, serta pemberitahuan SMS atau panggilan masuk.

Selain itu, skuter listrik TVS iQube ini juga dibekali dengan charging port, jadi Anda tidak perlu khawatir smartphone kehabisan daya baterai.

Spesifikasi Skuter Listrik TVS iQube

Sebagai penggerak dari motor matic listrik besutan TVS ini menggunakan daya lsitrik 4.4kW. Dengan daya sebesar itu, maka iQube bisa melaju dengan kecepatan maksimal 78 kph (km/jam).

Sebagai bahan perbandingan, untuk pesain TVS di India yakni Bajaj Chetak kecepatan maksimalnya hanya 60 kph, sedangkan produk lokal Gesits berkecepatan maksimum 60 kph.

Sementara untuk jarak tempuhnya, TVS iQube dengan kondisi baterai yang penuh bisa mencapai 75 km. Bukan hanya itu, diklaim TVS bahwa motor ini bisa melaju dari 0-40 km/jam hanya memakan 4,2 detik saja.

Spesifikasi lainnya, untuk roda belakang dipasang Dual Shock suspensi, sedangkan depan menggunakan suspensi teleskopik. Ukuran velg-nya sebesar 12 inci.

Sementara untuk pengeremannya menggunakan sistem regeneratif dengan kombinasi rem tromol di bagian belakang, serta depan tetap mengandalkan rem cakram.

Sedangkan bagian bagasinya yang berada di bawah jok, bisa memuat barang bawaan yang kapasitasnya memuat 1 helm jenis full face.

iQube sendiri di India hadir dalam 2 mode, yaitu power serta ekonomi. Baterainya yang merupakan sumber daya tersebut tidak bisa dilepas.

Untuk di India sendiri, motor listrik TVS iQube ini dibanderol dengan harga Rs 1,15 lakh (mata uang India), atau sekitar kurang lebih Rp 21,9 jutaan. (Adi/R5/HR-Online)

- Advertisment -