Jumat, Agustus 12, 2022
BerandaBerita CiamisViral Foto Macan Kumbang Terperangkap di Cikupa Ciamis, Ini Faktanya

Viral Foto Macan Kumbang Terperangkap di Cikupa Ciamis, Ini Faktanya

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Foto macan kumbang yang masuk ke dalam perangkap di wilayah pegunungan Desa Cikupa, Kecamatan Lumbung, Kabupatan Ciamis, tersebar melalui WhatsApp Grup (WAG).

Faktanya, foto tersebut diambil dua tahun lalu. Ustadz Asna, penyebar foto macan kumbang tersebur mengatakan, macan yang terjerat perangkap tersebut terjadi dua tahun lalu. Macan tersebut diketahui kerap memangsa hewan ternak milik warga.

“Sengaja foto tersebut dikirim ke Grup WA dan juga ke Facebook, dengan maksud untuk mengingatkan kembali, bahwa di kawasan pegunungan Cikupa betul-betul merupakan habitat macan kumbang,” terang Ustad Asna kepada HR Online, Selasa (7/1/2020).

Seringnya macan kumbang atau macan tutul turun gunung, bahkan masuk ke pemukiman warga membuat warga paham jika pegunungan Cikupa jadi ‘tempat tinggal’ macan.

“Pegunungan Cikupa itu bisa dianggap sebagai habitatnya, karena macan kumbang maupun macan tutul sering turun gunung dan masuk ke wilayah pemukiman penduduk,” katanya.

Peristiwa dua tahun lalu, setidaknya 4 ekor macan masuk ke dalam perangkap yang dipasang warga, termasuk satu diantaranya yang fotonya kembali disebarkan melalui WAG.

“Dengan kembali disebarkannya foto tersebut, setidaknya orang yang mengetahuinya akan selalu berhati-hati dan waspada apabila memasuki wilayah pegunungan Desa Cikupa, sebab di pegunungan Desa Cikupa, macan kumbang maupun macan tutul betul-betul adanya,” terang Ustad Asna

Asna, menegaskan foto yang disebar merupakan foto macan kumbang yang masuk ke dalam perangkap dua tahun lalu. Karena itu, foto tersebut bukan rekayasa.

“Foto itu benar diambil dua tahun lalu, Betul adanya dan sama sekali bukan hoaks,” tegasnya. (Edji/R7/HR-Online)