Wacana Sinartanjung Jadi Desa Wisata di Kota Banjar

Wacana Desa Wisata Sinartanjung
Kantor Desa Sinartanjung, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar. Foto: Muhafid/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Desa Sinartanjung, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, diwacanakan akan menjadi salah satu desa wisata di Kota Banjar.

Hal itu seiring dengan mulai dibangunnya destinasi wisata yang ada di Banjar saat ini, seperti Lembah Pajamben, Situ Leutik, dan Ecopark.

Terlebih Pemerintah Kota Banjar belum lama ini telah mendapatkan bantuan berupa mobil bus pariwisata yang bernama “Ranginang” dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Sebelumnya, Kabid. Pariwisata Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Banjar, Bambang, menyebutkan bahwa Desa Sinartanjung bakal menjadi salah satu lokasi yang dilewati oleh Bus Ranginang.

“Desa Sinartanjung bakal menjadi salah satu desa wisata di Kota Banjar, seperti halnya Desa Binangun dengan ikon Lembah Pajamben-nya,” kata Bambang, kepada Koran HR, beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Kaur. Perencanaan Desa Sinartanjung, Devi Septiani, mengatakan, rencana destinasi wisata yang dibangun di Bukit Mandalare akan menggunakan konsep berbasis alam, namun tetap memepertahankan ekosistem yang ada.

“Kita akan menggunakan konsep berbasis alam. Konsepnya nanti semenarik mungkin, tapi tetap mengindahkan alam yang ada,” ungkapnya, Selasa (21/01/2019).

Devi juga mengatakan, ada beberapa wahana yang akan dibangun di destinasi wisata Bukit Mandalare, Desa Sinartanjung. Namun, untuk tahun ini rencananya akan dibangun tiga wahana dulu.

“Kita sesuaikan dengan anggaran desa, untuk tahun ini kita baru tiga wahana, semuanya berlokasi di Bukit Mandalare, tepatnya di Dusun Sinargalih, dan sekarang masih tahap perencanaan,” terangnya.

Lebih lanjut Devi menyebutkan, terdapat beberapa pilihan wahana yang rencananya akan dikembangkan, dan wahana tersebut akan disesuaikan dengan potensi yang ada. Seperti photo spot, area panahan, track motor trail, flying fox, dan lain-lain.

“Namun, untuk tahun ini kita masih perlu mengkaji, wahana apa yang akan dibangun lebih dulu,” kata Devi.

Berdasarkan data block plan yang diunggah oleh Pemerintah Desa Sinartanjung dalam situs resminya, terdapat beberapa jenis wahana yang rencananya akan disediakan di destinasi wisata Bukit Mandalare.

Destinasi tersebut diantaranya wahana Adrenaline Park yang terdiri dari foto spot 1 dan 2, Flying Fox, Prope Bridge, Motor Trail Track, Play Area, dan Play Ground.

Selain jenis adrenaline, ada juga restoran dan kafe yang terdiri dari Café & Coffee Shop dan Resto. Sedangkan, untuk penginapan ada Camping Ground dan Village, serta sisanya agrowisata. (Rizki/Koran HR)

Loading...