Warga Pindahkan Makam di Ciamis yang Terbawa Longsor

makam terbawa longsor
Warga memindahkan makam yang terbawa longsor di Desa Saguling, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis. Foto: Eli Suherli/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Warga memindahkan makam yang terbawa longsor di Dusun Kelewih, RT 02 RW 03, Desa Saguling, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Kamis (30/1/2020) sore.

Sebelumnya, akibat diguyur hujan lebat, tebing setinggi 20 meter yang berada di Dusun Kelewih longsor. Material tanah longsor itu merusak pemakaman yang berada di lokasi tersebut.

Cucu Nurdian, warga sekitar ketika ditemui HR Online, Kamis (30/1/2020), mengatakan, karena intensitas hujan yang cukup lebat pada Rabu (29/1/2020) lalu, tebing tersebut longsor hingga merusak pepohonan.

“Untung saja longsor tersebut tidak merusak rumah warga yang dekat dengan tanah yang longsor, hanya merusak lahan dan menghancurkan pepohonan karena terbawa tanah,” ungkapnya.

Lebih lanjut kata Cucu, longsor kali ini selain merusak lahan, ternyata ada dua makam yang terbawa longsor, sehingga warga bersama aparat desa memindahkan makam di Ciamis tersebut ke lokasi pemakaman lain.

“Setelah dilihat ke lokasi ternyata longsoran tanah merusak dua makam dari lima makam yang ada dan akhirnya makam yang terbawa longsor langsung dipindahkan oleh warga bersama aparat desa,” jelasnya.

Cucu melanjutkan, evakuasi lahan untuk memindahkan kedua makam tersebut berlangsung lancar.

Atas kejadian ini kata cucu, dirinya bersama warga lain lebih berhati-hati ketika terjadi hujan, karena tidak menutup kemungkinan longsor bisa terjadi kembali terlebih sekarang memasuki musim penghujan dan setiap hari terjadi hujan. (ES/R7/HR-Online)

Loading...