Waspada Virus Corona, Berikut Cara Deteksi dan Pencegahannya

Waspada Virus Corona
Ilustrasi Waspada Virus Corona. Foto: Istimewa

Waspada virus Corona disuarakan oleh semua negara yang ada di dunia. Berawal dari Wuhan, virus berbahaya ini ternyata telah merebak ke 13 negara lainnya.

Virus yang juga dikenal dengan sebutan Corona Wuhan ataupun 2019-nCoV ini menjadi perbincangan internasional. Lalu apa sebenarnya virus Corona itu? Anda simak saja ulasan berikut.

Waspada Virus Corona

Virus Corona yang menggegerkan dunia ini berasal dari Kota Wuhan, China. Di kota ini terdapat salah satu pasar yang menawarkan daging hewan liar secara ilegal. Misalnya saja, kelelawar, ular, dan lain sebagainya.

Orang yang terjangkit virus Corona bisa menyebarkannya sebelum muncul gejala. Hal inilah yang membuat penyebaran virus Corona sangat sulit dibendung.

Sampai saat ini, di China saja sudah ada 80 orang yang meninggal karena virus tersebut dan lebih dari 2.000 orang dinyatakan terjangkit.

Selain di China, virus ini juga tengah menghantui negara Thailand, Singapura, Prancis, Amerika Serikat, Vietnam, Hong Kong, Taiwan, Jepang, dan masih banyak lagi.

Saat masuk ke tubuh manusia, akan memperlihatkan gejala virus Corona secara klinis utamanya seperti demam, kesulitan bernafas, dan juga radiografi dada. Waspada virus Corona memang perlu digencarkan.

Sebagaimana yang dijelaskan oleh Diah Handayani selaku dokter spesialis paru di Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan, virus Corona ini menyerang sistem pernafasan manusia.

Hanya saja, virus yang satu ini mempunyai kemampuan atau virulensi yang tinggi untuk mengakibatkan penyakit yang fatal, yakni Pneumonia.

Pasalnya, saat virus ini masuk, maka pertukaran oksigen akan menjadi terganggu. Tak hanya itu, fungsi paru-paru juga akan rusak karena terjangkit virus berbahaya ini.

Deteksi Virus Corona

Melihat bahaya virus Corona, tentu sangat penting untuk mengetahui cara mendeteksinya. Perlu untuk anda ketahui, deteksi virus Corona bisa dilakukan dengan bantuan beragam teknologi canggih, salah satunya Thermal Scanner.

Teknologi yang satu ini telah dipasang di sejumlah bandara yang ada di dunia, tak terkecuali bandara di Indonesia. Dalam sistem kerjanya, Thermal Scanner akan mendeteksi suhu tubuh manusia sebagai bentuk waspada virus Corona.

Saat ada seseorang yang terdeteksi demam, maka petugas bandara bisa langsung bertindak. Semakin canggih dan membantu karena Thermal Scanner juga dibekali dengan indikator warna dan mikrobolometer.

Mikrobolometer itu sendiri berupa perangkat pengukur kecil yang berperan penting dalam menangkap radiasi infra merah.

Dengan adanya teknologi yang membantu deteksi virus Corona, diharapkan bisa meminimalisir atau bahkan menghentikan penyebarannya.

Tips Mencegah Penularan Virus Corona

Perlu untuk anda ketahui, virus Corona bisa menyebar melalui udara yang dihirup. Mengingat virus ini sangatlah berbahaya, maka sudah seharusnya kita membentengi diri darinya.

Dalam hal ini, ada berbagai tips pencegahan yang bisa dilakukan untuk melindungi diri dari penularan virus Corona. Langsung saja, berikut ulasan lengkapnya.

Rutin Mencuci Tangan

Kebiasaan membersihkan tangan perlu diterapkan sebagai pola hidup lebih sehat dan wujud sikap waspada virus Corona. Namun jangan asal-asalan dalam melakukannya.

Agar benar-benar bersih, anda perlu mencuci tangan dengan air yang mengalir dan gunakan sabun. Setelah itu, bilaslah selama 20 detik.

Lain halnya jika tak ada air, anda bisa gunakan cairan pembersih tangan yang di dalamnya terkandung alkohol 70-80%. Pastikan tangan anda senantiasa selalu bersih.

Etika Saat Batuk dan Bersin

Selain rutin cuci tangan, anda juga harus pahami etika ketika batuk dan bersin. Pastikan anda segera menutup mulut dan hidung dengan siku yang tertekuk.

Disamping itu, bisa juga anda menggunakan tisu untuk menutupinya. Setelah itu, segera buang tisu tersebut dan cuci tangan. Waspada virus Corona memang tak bisa ditawar lagi.

Gunakan Masker

Tips pencegahan lainnya yang tak kalah penting untuk diperhatikan yaitu menggunakan masker. Masker ini bisa melindungi diri dari terhirupnya udara kotor yang mungkin saja mengandung virus Corona.

Masker ini bisa digunakan ketika bepergian ke luar rumah, terutama saat di rumah sakit, bandara, dan tempat umum lainnya.

Disamping itu, penggunaan masker juga dianjurkan untuk orang yang sedang sakit, seperti demam dan infeksi saluran nafas.

Waspada virus Corona menjadi sorotan dunia. Diharapkan segala upaya pencegahan dan tindakan medis yang dilakukan bisa benar-benar menyembuhkan sekaligus menghentikan penyebarannya. (R10/HR-Online)

Loading...