10.882 Pelaku UMKM di Pangandaran Serap 16.954 Tenaga Kerja

Pelaku UMKM
Salah satu produk UMKM saat ikut pameran. Foto: Madlani/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Pemkab Pangandaran melalui Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM (DPKUMK) Pangandaran mengungkapkan sebanyak 10.882 pelaku UMKM mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 16.954 orang.

Kepala DPKUMK Pangandaran, Tedi Garnida, mengatakan, data tersebut setelah pihaknya melakukan pendataan dan verifikasi data pelaku UMKM sejak tahun 2018.

“Melihat data tersebut, berarti peluang pemberdayaan masyarakat di Pangandaran sangat terbuka luas apabila para pelaku UMKM tersebut diperkuat,” kata Tedi kepada Koran HR, Sabtu (15/2/2020).

Menurut Tedi, untuk data produk makanan dan minuman yang sudah terdaftar di dinas, pihaknya mencatat ada sebanyak 2.516 produsen pembuat olahan makanan dan minuman yang tersebar di 10 Kecamatan di Kabupaten Pangandaran.

Selain itu, kata Tedi, pihaknya juga melakukan revitalisasi 5 pasar tradisional di wilayah Kabupaten Pangandaran, di antaranya Pasar Pangkalan Kecamatan Langkaplancar, Pasar Mangunjaya, Pasar Kertaharja Cimerak di tahun 2018,  Pasar Karangkamiri dan Pasar Sindangsari Langkaplancar di tahun 2019.

“Saat ini atau tahun 2020 ini sedang dalam proses penyusunan DED Perencanaan revitalisasi Pasar Pananjung. Rencananya akan diperluas sesuai harapan dari para pedagang dan disetujui oleh Bupati dan Wakil Bupati,” kata Tedi Garnida. (Mad/Koran HR)