Jumat, Mei 27, 2022
BerandaBerita Ciamis100 Persen SMP di Ciamis Gelar UNBK

100 Persen SMP di Ciamis Gelar UNBK

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com).- Dinas Pendidikan Ciamis memastikan semua SMP baik negeri atau swasta di Kabupaten Ciamis, akan melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tahun 2020 ini.

Hal tersebut dibenarkan Kepala Bidang Pembinaan SMP H Mastur, didampingi Kepala Seksi Kurikulum dan Penilain SMP Dinas Pendidikan Ciamis, Lili Abdullah, kepada koran HR Selasa (28/01/2020) lalu.

Kata dia, ada 126 SMP di Kabupaten Ciamis yang akan mengikuti UNBK. Rinciannya sebanyak 80 SMP berstatus Negeri dan sisanya 46 SMP swasta.

“Untuk yang SMP Negeri semuanya menjadi sekolah pelaksana (SP) UNBK, sementara ada beberapa SMP swasta yang UNBKnya ikut gabung dengan SMP lain,”  ujar Lili.

Lili mengatakan, SMP yang UNBKnya ikut gabung dengan sekolah lain lantaran ketersediaan perangkat komputer dan lain sebagainya tidak memadai. Kendati tidak 100 persen SMP di Ciamis menjadi sekolah penyelenggara (SP) UNBK, namun pihaknya meyakini UNBK tahun 2020 akan berjalan lancar dan semua peserta lulus.

“UNBK tahun 2020 ini adalah yang keempat kalinya diikuti semua SMP di Ciamis sejak tahun 2017. Oleh karena itu kami yakin UNBK di Ciamis tanpa kendala,” katanya.

Berdasarkan hasil pemantauan ke setiap SMP, pihaknya juga meyakini semua peserta (siswa) dan sekolah siap mengikuti UNBK. Setiap SMP sudah melaksanakan simulasi atau try out pelaksanaan UNBK.

UNBK sendiri akan dilaksanakan serentak se Nasional pada tanggal 20 hingga 23 April 2020. Di Kabupaten Ciamis, UNBK akan diikuti sekitar 12.200 lebih peserta.

“Untuk mata pelajaran yang akan di-UN-kan, masih tetap sama, yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan IPA,” jelas Lili.

Pihaknya pun mengimbau kepada sekolah yang akan melaksanakan UNBK, agar terus melakukan persiapan matang jelang UNBK terutama masalah server dan listrik.

“Untuk mencegah terjadinya pemadaman listrik akibat bencana, cuaca dan lainnya, kami himbau sekolah penyelenggara UNBK agar menyiapkan genset,” ungkapnya. (Jujang/Koran HR)

- Advertisment -