Kebiasaan Gaya Hidup yang Bikin Boros

Kebiasaan gaya hidup yang bikin boros.
Kebiasaan gaya hidup yang bikin boros. Photo: Net/Ist.

Kebiasaan gaya hidup yang bikin boros dan mungkin kamu tidak menyadarinya kalau hal itu sering dilakukan. Kebiasaan gaya hidup yang bikin boros sebaiknya segera ditinggalkan untuk kebahagiaan masa depanmu.

Dalam mengelola keuangan, menabung adalah gaya hidup yang terpuji dan selayaknya harus diperhatikan, meskipun butuh perjuangan karena masing-masing orang tidak sama dalam menjalankannya.

Sebenarnya gaya hidup seperti apa yang tanpa disadari akan menjerumuskan kita ke dalam hidup boros? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini penjelasannya.

5 Kebiasaan Gaya Hidup yang Bikin Boros

Membayar dengan Non-Tunai

Kebiasaan gaya hidup yang bikin boros. Photo: Net/Ist.

Selain kartu kredit dan debit, saat ini pembayaran apa pun dengan non-tunai sedang tren karena memang dimudahkan. Cukup men-scan barcode melalui smartphone maka secara otomatis akan terdebit.

Cara pembayaran tersebut memudahkan bagi siapa saja, terlebih mereka yang memiliki mobilitas tinggi.

Pasalnya, membawa uang cash saat ini sudah kurang aman, apalagi jumlahnya banyak. Sehingga, dalam melakukan pembayaran lebih praktis dengan cara non-tunai.

Namun, gaya hidup seperti itu lama kelamaan menjadi kurang terkontrol. Apalagi kalau tidak disiplin dalam pengelolaan keuangannya.

Hidup boros bakal terasa lantaran kita tidak tahu kalau saldo non-tunai yang terdebit sudah dipakai untuk keperluan apa saja.

Menggunakan Kartu Kredit

Kebiasaan gaya hidup yang bikin boros. Photo: Net/Ist.

Secara tidak sadar, kebiasaan gaya hidup menggunakan kartu kredit dalam pembayaran tertentu juga bisa membuat hidup semakin boros.

Cukup gesek kartu kredit maka barang yang diidamkan pun bisa terbeli. Tapi tidak enak ujungnya, karena tagihan kartu kredit semakin lama akan membengkak.

Ditambah lagi bunganya yang tinggi, hal ini tentu saja lambat laun bakal mencekik penghasilanmu.

Tidak Bawa Bekal Makan Siang ke Kantor

Kebiasaan gaya hidup yang bikin boros. Photo: Net/Ist.

Malas membawa bekal makan siang ke kantor juga menjadi salah satu kebiasaan gaya hidup yang bikin boros. Karena, jika harus beli harga seporsi makan relatif mahal.

Kalau hal itu berlangsung secara terus menerus, dijamin pengeluaranmu untuk makan siang saja bisa jebol. 

Namun, jika setiap ke kantor bawa bekal makan siang, tentunya kamu akan menghemat pengeluaran untuk kebutuhan tersebut.

Jadi, sebaiknya kamu membawa bekal dari rumah untuk makan siang di kantor jika kamu ingin hidup ke depannya lebih sejahtera.

Nongkrong di Kafe Beli Kopi Kekinian

Nongkrong di kace beli kopi kekinian. Photo: Net/Ist.

Ditunjang dengan banyaknya kedai kopi kekinian, gaya hidup pun terasa semakin wah. Karena, saat ini hidup rasanya tidak gaul jika tidak nongkrong di kafe sambil minum kopi kekinian yang sedang hits.

Mungkin kalau sekali dua kali tidak akan terasa, tapi lama-lama coba kalkukasikan pengeluaranmu. Untuk minum kopi saja kamu mengeluarkan uang hingga ratusan ribu.

Tentu saja hal itu merupakan kebiasaan gaya hidup yang bikin boros. Andai saja berhemat dengan menyeduh kopi sendiri di rumah, keuanganmu akan aman, hidup kamu pun akan sejahtera.

Menggunakan Transportasi Online

Menggunakan transportasi online. Photo: Net/Ist.

Kebiasaan gaya hidup yang bikin boros selanjutnya adalah kebiasaan menggunakan jasa transportasi online.

Coba banyangkan, dalam satu kali jalan, berapa uang yang kamu keluarkan. Mungkin kalau dalam kondisi terdesak atau ada alokasi untuk kebutuhan tersebut tak masalah.

Tapi, jika penghasilan tidak banyak dan memaksakan menggunakan jasa transportasi online, lama-lama pengeluaran pun akan membengkak.

Sebagai solusinya agar bisa menghemat pengeluaran, sebaiknya beralih menggunakan transportasi lain yang tarifnya lebih murah.

Beli Makanan Secara Online

Membeli makanan secara online. Photo: Net/Ist.

Membeli atau memesan makanan secara online karena malas ke luar juga menjadi kebiasaan gaya hidup yang bikin boros.

Memang membeli makanan secara online lebih praktis, tinggal klik aplikasi maka makanan yang kita harapkan pun datang.

Namun, jika hal ini sering dilakukan maka keuanganmu bakal cepat menipis karena budget yang dikeluarkan kian membengkak.

Memasak sendiri di rumah adalah solusi terbaik agar keuanganmu bisa stabil. Boleh saja sekali-kali beli makanan secara online, asal jangan jadi kebiasaan.

Gaya hidup hemat dalam mengelola keuangan bukan berarti pelit lho. Hidup berhemat pangkal kaya di masa depan.

Apalagi jika kamu punya banyak cita-cita yang ingin diwujudkan, tentu saja kamu harus pandai mengelola penghasilanmu.

Jadi, mulai dari sekarang kurangi gaya hidup boros dan beralih hidup berhemat, karena tidak ada kata terlambat jika kita memiliki keinginan menjadi lebih baik. (Eva/R3/HR-Online)

Loading...