Ponsel Buatan Indonesia Ini Pernah Populer di Pasaran

Ponsel buatan Indonesia ini pernah populer di pasaran.

Ponsel buatan Indonesia mungkin belum banyak yang tahu, meskipun sebenarnya nama ponsel buatan Indonesia itu sudah akrab di telinga para pengguna ponsel pintar di Tanah Air. Bahkan mungkin kamu juga pernah memilikinya.

Industri smartphone memang selama ini masih didominasi produk-produk Tiongkok, Jepang, dan Amerika Serikat. Namun, kamu juga harus tahu bahwa ada beberapa nama ponsel pintar produk Tanah Air.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, dari beberapa vendor ponsel asal Indonesia itu, ada diantaranya yang masih eksis memproduksi hingga sekarang. Penasaran? Berikut ini ulasannya.

7 Ponsel Buatan Indonesia

Advan

Ponsel buatan Indonesia ini pernah populer di pasaran. Photo: Net/Ist

Advan merupakan salah satu perusahaan asal Indonesia yang fokus memproduksi sejumlah barang elektronik, seperti smartphone, tablet, dan ponsel 2G.

Perusahaan ini berdiri sejak tahun 2007 di Jakarta. Smartphone yang diproduksi oleh Advan memiliki sejumlah kelebihan, baik dari segi spesifikasi yang sudah kekinian, maupun harga yang ditawarkannya.

Smartphone Advan paling populer adalah Advan i5, Advan G1, serta tablet Advan T3H yang desainnya sekilas mirip seperti iPad.

Mito Mobile

Ponsel buatan Indonesia ini pernah populer di pasaran. Photo: Net/Ist

Ponsel buatan Indonesia yang berikutnya adalah Mito Mobile. Perusahaan ponsel lokal tersebut meraih Top 3 vendor smartphone terbesar di Indonesia.

Perusahaan yang berpusat di Jakarta itu memang menjadi salah satu pabrikan handphone pertama dan tertua di Tanah Air.

Perusahaan tersebut berdiri sejak tahun 2006 dan dikenal mengeluarkan produk telepon seluler serta smartphone kelas menengah ke bawah.

Produk smartphone dari Mito Mobile yang paling populer salah satunya adalah smartphone Mito Fantasy Note A30. Perangkat ini dijual dengan harga Rp 1,5 jutaan.

Evercoss

Ponsel buatan Indonesia ini pernah populer di pasaran. Photo: Net/Ist

Evercoss menjadi salah satu ponsel buatan Indonesia yang cukup eksis, setidaknya di pasaran Tanah Air.

Sebelumnya perusahaan ini bernama Cross Mobile didirikan di Jakarta tahun 2008, dan sudah banyak memproduksi perangkat, baik berupa ponsel, tablet, maupun smartphone.

Semua perangkat yang diproduksinya pun terbilang berkualitas, namun dibandrol dengan harga sangat terjangkau.

Beberapa smartphone buatan perusahaan lokal tersebut yang sempat populer adalah Evercoss Elevate Series dan Evercoss Winner Series.

Tapi, tidak semua produk Evercoss buatan Indonesia loh! Ada sejumlah komponen hardware-nya yang masih menggunakan produk China dan Jerman.

HiMax

Ponsel buatan Indonesia ini pernah populer di pasaran. Photo: Net/Ist

Ponsel buatan Indonesia selanjutnya adalah HiMax. Pabrik ponsel asal Indonesia ini didirikan bulan Oktober 2012.

HiMax merupakan salah satu vendor ponsel asal Indonesia yang sukses memproduksi ponsel pintar berkualitas.

Meski sudah memiliki spesifikasi yang sangat keren, namun smartphone HiMax dijual dengan harga sangat terjangkau.

Pemilik asli HiMax sendiri adalah tim yang berasal dari Negeri Sakura, Jepang, dan sering memproduksi ponsel berdesain keren serta dibekali fitur menawan.

Bahkan, fitur-fitur yang disematkan perusahaan pada smartphone produksinya itu diklaim tidak kalah bila dibandingkan dengan brand asal Asia lainnya, seperti Asus dan Xiaomi.

Salah satu smartphone berdesain keren dan sudah keinian yang pernah diproduksi HiMax yaitu HiMax Pure S dan HiMax Polymer.

Polytron

Smartphone Polytron. Photo: Net/Ist

Polytron dikenal sebagai perusahaan elektronik ternama asal Tanah Air sejak tahun 1970-an. Perusahaan ini didirikan di Kudus tanggal 18 Mei 1975 silam.

Polytron memproduksi barang-barang elektronik, khususnya untuk masyarakat Indonesia, salah satunya smartphone.

Smartphone buatan pabrikan Polytron juga memiliki sejumlah keunggulan, salah satunya harga yang sangat terjangkau.

Meski dibandrol dengan harga murah, namun spesifikasi yang dimilikinya sudah sangat memadai.

Salah satu smarpthone terbaik yang diproduksi Polytron adalah P520. Perangkat ini ditujukan bagi kalangan menengah atas.

Zyrex

Smartphone Zyrex. Photo: Net/Ist

Ponsel buatan Indonesia yang berikutnya adalah smartphone Zyrex. Awalnya memang perusahaan tersebut hanya memproduksi komputer.

Namun, seiring perkembangan zaman dan teknologi, maka perusahaan yang berdiri tahun 1996 ini merambah pula memproduksi ponsel pintar.

Smartphone Zyrex sendiri memiliki keunggulan, baik dari segi spesifikasi yang cukup tangguh maupun harganya yang sangat terjangkau.

Beberapa smartphone buatan Zyrex yang sempat eksis adalah Zyrex ZA 977 dan juga tablet Zyrex SA-7321.

Digicoop

Smartphone Digicoop. Photo: Net/Ist.

Ponsel Digicoop merupakan ponsel terbaru buatan Indonesia. Perangkat ini diproduksi langsung oleh tim dari ITB (Institut Teknologi Bandung).

Bahkan, Digicoop diklaim telah mengusung Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) sesuai anjuran dari Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia.

Perangkat tersebut juga dilaporkan sudah mendukung konektivitas 4G, mengusung RAM 1GB dengan ROM 8GB, dan dijual dengan harga hanya Rp 1,2 juta saja.

Selain itu, dibekali kamera 5 MP dan 2 MP, sedangkan untuk daya tahan perangkat disokong oleh baterai berkapasitas 1.800 mAh. (Eva/R3/HR-Online)

Loading...