Jumat, Mei 20, 2022
BerandaBerita BanjarAngin Puting Beliung Terjang Langensari Kota Banjar, Lima Rumah Warga Rusak

Angin Puting Beliung Terjang Langensari Kota Banjar, Lima Rumah Warga Rusak

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Angin Puting beliung kembali menerjang wilayah Kota Banjar. Kali ini angin kencang yang terjadi Sabtu (1/2/2020) tersebut terjadi di Kecamatan Langensari, dan merusak beberapa rumah.

Salah seorang warga terdampak angin puting beliung di Lingkungan Waringin Putih, Kelurahan Muktisari, Ali Irfani menuturkan, saat kejadian ia beserta keluarganya sedang berada di dalam rumah.

Berita Terkait : Bencana di Kota Banjar, BPBD Catat 288 Rumah Rusak Akibat Angin Kencang

Saat itu, hujan deras disertai angin kencang membuat puluhan atap bagian depan rumah berupa asbes dan kenteng, beterbangan dan berjatuhan di halaman depan rumah.

“Tadi sekitar jam 15:30 WIB kejadiannya. Alhamdulillah, semua keluarga selamat hanya bagian atap rumah rusak,” tutur Ali Irfani kepada HR Online.

Menurutnya, rumah rusak akibat musibah angin kencang tidak hanya menimpa rumahnya saja, karena hujan deras disertai angin kencang terjadi hampir merata di wilayah Kecamatan Langensari.

“Kemungkinan banyak rumah warga yang rusak, karena angin kencang hampir merata di daerah sini,” ujarnya.

Dikonfirmasi terpisah, Bhabinkamtibmas Kelurahan Muktisari, Brigadir Yasir, membenarkan terjadi musibah angin puting beliung di blok Waringin Putih RT. 5/2, Kelurahan Muktisari, dan ada beberapa rumah warga yang rusak.

Brigadir Yasir mengungkapkan setidaknya ada 5 rumah warga yang rusak dan berada satu blok di Lingkungan Waringin Putih.

“Tadi kami bersama Bhabinsa sudah meninjau langsung ke lokasi. Rusaknya masuk kategori sedang,” katanya.

Untuk meminimalisir terjadi musibah akibat angin kencang, pihaknya mengingatkan kepada warga masyarakat sekitar, agar selalu waspada akan datangnya musibah bencana yang disebabkan angin kencang.

“Bagi yang rumahnya berdekatan dengan pohon besar dan berpotensi roboh, bisa dipangkas untuk menghindari hal yang tidak diinginkan,” imbaunya.

Meski angin puting beliung tersebut tidak sampai menimbulkan korban jiwa, namun atap bagian depan rumah rusak parah. Diperkirakan kerugian mencapai Rp. 5 juta. (Muhlisin/R5/HR-Online)

- Advertisment -