Rabu, Mei 25, 2022
BerandaBerita CiamisBerita BanjarsariAntisipasi Penyebaran DBD, Puskesmas Banjarsari Ciamis Lakukan PSN

Antisipasi Penyebaran DBD, Puskesmas Banjarsari Ciamis Lakukan PSN

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Cegah penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), Puskesmas Banjarsari bersama kader kesehatan melakukan kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN), Jum’at (21/02/2020).

Kegiatan PSN dilaksanakan di Desa Banjarsari, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, dan diikuti oleh puluhan kader kesehatan serta unsur Muspika setempat.

Kepala Puskesamas Banjarsari, Agus Sudarisman, didampingi petugas pemegang program DBD, Sudarsono, mengatakan, kegiatan tersebut merupakan sebuah bentuk upaya pemerintah dalam pencegahan penyakit DBD.

“Hari ini kita laksanakan program PSN di wilayah Desa Banjarsari. Dalam kegiatan ini kami bersama para kader terjun langsung ke lapangan untuk mengecek, sekaligus memberikan pengetahuan kepada warga terkait pemberantasan sarang nyamuk DBD,” kata Sudarsono, kepada HR Online.

Dalam kegiatan PSN itu, pihaknya juga melakukan pemeriksaan ke setiap bak penampungan air, serta membersihkan lokasi-lokasi yang terdapat banyak genangan air yang dijadikan sarang oleh nyamuk.

Selain melakukan pembinaan dan pencegahan DBD, Puskesmas Banjarsari juga membagikan obat Abate secara gratis kepada warga.

“Kita juga tadi membagikan Abate, sekaligus memberikan tata cara menggunakannya,” terang Sudarsono.

Ia juga mengakui, bahwa selama sepekan terakhir ini, banyak warga di wilayah Kecamatan Banjarsari yang mengalami demam, dan diduga diakibatkan oleh nyamuk DBD.

“Sudah ada yang terkena DBD, namun kebanyakannya masih suspek. Untuk yang sudah dinyatakan terjangkit DBD di wilayah kerja Puskesmas Banjarsari sudah ada dua, ditambah suspek ada empat, dan di wilayah kerja Puskesmas Ciulu ada dua orang, dan yang suspek ada satu,” pungkas Sudarsono. (Suherman/R3/HR-Online)

- Advertisment -