Antisipasi Sampah, DPRKPLH Ciamis akan Bangun TPS3R

sampah TPS3R
Ilustrasi sampah. Foto : Net/ist

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Ciamis, akan melakukan penambahan pembangunan untuk Tempat Pengelolan Sampah Reuse-Reduce-Recycle (TPS3R).

Sekretaris DPRKPLH Ciamis, Agus Komara mengatakan, ditambahnya beberepa TPS3R itu untuk untuk mengantisipasi penumpukan sampah, khususnya di kecamatan yang diyakini banyak menghasilkan sampah.

“Sehingga nantinya sampah yang dihasilkan dari masyarakat sebelum dibuang ke TPA sudah dilakukan pemilahan. Artinya, tidak seluruh sampah bisa masuk TPA melainkan sudah melaui proses pemilahan,” kata Agus kepada HR Online, Selasa (18/2/2020).

Agus menambahkan, program tersebut memang direncanakan pihaknya untuk mengatisipasi masalah sampah di Kabupaten Ciamis. Meski begitu, perlu kerjasama semua pihak baik itu pemerintah maupun warga masyarakat Ciamis.

“Penanganan sampah melibatkan  seluruh warga masyarakat dan tidak hanya petugas kebersihan saja, yang setiap hari membersihkan dan mengangkut sampah untuk di buang ke TPA,” katanya.

Menurutnya, memang urusan sampah tidak semudah yang dibayangkan, karena penanganannya harus dilakukan dengan serius. Sehingga, harus ada konsep lain untuk penanganan, yaitu salah satunya dengan membangun beberapa tempat TPS3R.

“Apabila nanti TPS3R sudah bisa kita bangunan, maka sampah bisa kita tangani,” ucapnya.

Agus meyakini, apabila nanti fasilitas TPS3R sudah ada di Ciamis, maka sampah yang dibuang ke TPA sangat sedikit. Bahkan, mungkin ke depan tidak ada sisa sampah yang dibuang ke TPA, karena sudah habis ditingkat Tempat Pengelolan Sampah Reuse-Reduce-Recycle.

Dijelaskannya, dengan TPS3R ini maka sampah sebelum dibuang ke TPA terlebih dulu harus melalui pemilahan.

“Dan pemilhan tersebut untuk memisahkan jumlah sampah. Mana saja sampah yang masih bisa didaur ulang, dan masa sampah yang memang harus dibuang,” jelasnya.

Akan tetapi, kata Agus, dengan program magot yang dijalankan pihak DPRKPLH ini, maka sampah yang dihasilkan semuanya bisa dimanfaatkan dengan baik.

“Bahkan TPS3R ini bisa menjadi ladang penghasilan warga dari memilah sampah,” pungkasnya. (Es/R5/HR-Online)

Loading...