Aplikasi Hobbi Facebook Mirip Pinterest Telah Diluncurkan

Aplikasi Hobbi Facebook
Ilustrasi Facebook. Foto: Istimewa

Aplikasi Hobbi Facebook telah diluncurkan. Sekilas aplikasi ini hampir mirip dengan Pinterest. Aplikasi eksperimental ini ditujukan pada pengguna Facebook untuk mencatat hobinya.

Tim New Product Experimentation atau NPE merupakan pengembang dari aplikasi ini. Jika anda membuka App Store dan membaca detail aplikasi, Hobbi merupakan aplikasi berbagi foto.

Berfungsi untuk merekam berbagai proses yang kreatif. Misalnya saja, memasak, mendekorasi rumah, seni, fitness dan masih banyak lagi.

Aplikasi Hobbi Facebook Mirip Pinterest

Hobbi merupakan aplikasi yang hampir mirip dengan platform jejaring sosial dengan basis video dan foto populer. Para pengguna Hobbi bisa menyimpan dan menyusun hasil foto dan video serta mengunggahnya.

Kumpulan berbagai foto dan video ini topiknya hampir sama dengan fitur yang dimiliki Pinterest, yakni Boards.

Akan tetapi, Hobbibaru dapat digunakan untuk beberapa negara saja. Tidak seperti aplikasi Pinterest yang sudah mendunia.

Aplikasi Hobbi Facebook baru bisa dipakai pada kurang lebih 84 negara. Diantaranya adalah Spanyol, Ukaraina, Kolumbia, Belgium serta Amerika Serikat. Toko aplikasi yang dapat mengunduh Hobbi adalah iOS dan Apple App Store.

Belum dapat diketahui secara pasti apakah Hobbi akan tersedia di platform Android atau tidak. Serta apakah aplikasi tersebut akan tersedia di negara lain atau tidak.

Hobbitelah dirintis mulai dari pertengahan tahun 2019 oleh para tim. NPE juga telah membuat sejumlah aplikasi yang terpisah dari platform Facebook dengan tujuan untuk menguji coba respon dari para penggunanya.

Berbagai macam produk dari NPE, misalnya saja aplikasi DJ Aux, platform jejaring sosial Bumd dan gambaran lelucon Whale belum pernah meraih kesuksesan di pasaran. Namun apakah aplikasi Hobbi mampu meramaikan pasaran?

Perbedaan Aplikasi Hobbi Facebook dan Pinterest

Hobbi dan Pinterest sama-sama digunakan untuk mencatat dan membagikan pencapaian dari hasil karya atau hobi yang ditekuni pengguna. Namun, keduanya  mempunyai perbedaan yang cukup signifikan.

Pada Pinterest akan memungkinkan para penggunanya untuk pin foto yang ditemukan di web ataupun pada platform. Sedangkan untuk Hobbi memungkinkan para penggunanya menambahkan foto berupa proyek yang dihasilkan dan melacak progresnya.

Hobbi hanya tersedia pada perangkat yang menjalankan iOS ke atas. Aplikasi Hobbi Facebook ini sudah diunduh lebih dari 5.000 kali.

Masih jauh bila dibandingkan dengan Pinterest yang banyak dikunjungi lebih dari 250 juta pengguna bulanan. Pinterest popularitasnya berada di belakang Twitter. Perpaduan konsep dengan platform lain membuatnya makin menarik.

Fitur utama yang terdapat pada Hobbi adalah mencatat segala kegiatan yang berbasis hobi yang sering dilakukan para pengguna. Misalnya membuat kerajinan tangan, olahraga dan mendekorasi ruangan.

Para pengguna dapat membuat foto dan video dari aplikasi secara langsung. Kemudian membagikannya secara eksternal via aplikasi lain.

Aplikasi Hobbi Facebook lebih mirip dengan aplikasi editor bila dibandingkan dengan jejaring sosial. Fitur Hobbi lebih sederhana bila dibandingkan dengan Instagram.

Hobbi ini diluncurkan tidak lama setelah Tangi diperkenalkan oleh Google. Namun, Tangi dan Hobbi mempunyai pendekatan yang berbeda tentang bagaimana menggunakan aplikasi.

Hasil pencapaian dari karya anda seiring berjalannya waktu dapat dicatat pada Hobbi. Akan tetapi, sayang sekali Hobbi belum mempunyai beberapa fitur seperti Pinterest. Misalnya saja, mode pencarian, melihat catatan dari pengguna dan mode rekomendasi.

Hobbi lebih fokus pada organisasi pribadi berbeda dengan Pinterest. Sehingga pengguna Hobbi terdorong untuk menangkap proyek yang mereka lakukan dan mengeditnya ke dalam koleksi.

Hanya Bisa Dgunakan pada Smartphone Tertentu

Jika telah mengunduh aplikasi Hobbi Facebook, untuk menggunakannya masih memerlukan pendaftaran. Selain itu juga harus memasukkan nomor seluler yang anda miliki.

Bila pendaftaran dan nomor yang dimasukkan sudah dilakukan, namun kode OTP tidak dapat diterima. Hal itu dikarenakan Hobbi belum bisa digunakan di Indonesia.

The Verge telah menyatakan jika Hobbi akan memasuki keseluruhan ekosistem aplikasi kepunyaan Facebook.

Namun Facebook kembali mengatakan bahwa sebelumnya mereka telah mengalami banyak kegagalan dari NPEnya. Sehingga harus menutup beberapa aplikasi yang tak banyak dipakai.

Namun sayang sekali, aplikasi Hobbi Facebook belum bisa dinikmati secara menyeluruh. Hanya tersedia Hobbi for iPhone, iPad, dan iPod touch yang menjalankan iOS 11.0 atau yang lebih tinggi serta terbatas untuk negara tertentu saja. (R10/HR-Online)