Awan Paling Berbahaya Bagi Dunia Penerbangan

Awan Paling Berbahaya

Berita Sains, (harapanrakyat.com).- Jenis awan paling berbahaya bagi penerbangan. Berbicara tentang awan, tentu Anda sudah tidak asing?  

Nah, tahukan Anda bahwa awan yang berupa gumpalan putih di langit sebenarnya merupakan sekumpulan uap air yang membeku?

Mekipun awan terlihat begitu indah, ternyata ada juga awan yang dianggap berbahaya bagi dunia penerbangan.

Jenis Awan Paling Berbahaya

Awan Cumulonimbus

Awan Paling Berbahaya

Jenis awan pertama yang berbahaya yaitu awan cumulonimbus. Bentuknya sendiri yaitu vertikal, menjulang tinggi dan padat. Pada bagian atas awan ini berserat dan rata.

Sedangkan pada bagian bawahnya, terlihat gelap. Awan ini juga memiliki ciri lain, yaitu menyerupai gunung atau menara besar.

Dalam dunia penerbangan, awan ini memang terbilang populer dan ditakuti. Penyebabnya tak lain karena bahaya yang ditimbulkan.

Dampak buruk dari adanya awan ini yaitu seringkali menimbulan kecelakaan pada pesawat. Hal tersebut tentu saja perlu diantisipasi dari awal.

Mengapa awan ini berbahaya? Jadi, awan cumulonimbus ini dapat terjadi karena ketidakstabilan atmosfer, sehingga berakibat pada terjadinya badai petir dan cuaca ekstrem yang sangat membahayakan.

Baca Juga: Pesawat Tempur Tercanggih di Dunia

Awan Pancake atau UFO

Jenis awan paling berbahaya selanjutnya yaitu awan pancake atau UFO. Biasanya awan ini akan muncul pada daerah ketinggian, misalnya yaitu pada dataran tinggi maupun di puncak gunung.

Mengapa awan ini dinamai awan pancake atau UFO, yaitu karena bentuknya sendiri yang menyerupai pancake atau UFO.

Jika dilihat sekilas, memang bentuk dari awan ini cukup indah. Namun jangan salah, kehadiran awan ini justru sangat berbahaya.

Hal tersebut terjadi karena pada saat awan ini muncul, maka akan terjadi embusan angin yang kuat dan kencang pada daerah sekitar awan.

Keadaan tersebut tentu saja sangat membahayakan, terutama jika ada pesawat yang melintas pada lokasi sekitar awan tersebut.

Pada saat terjadinya awan pancake ini, jika pesawat tiba-tiba muncul dan terkena embusan maka bisa menimbulkan dampak berbahaya yaitu kemungkinan besar akan oleng dan hilang kendali.

Baca Juga: Cara Kerja Mesin Pesawat Terbang, Ternyata Begini!

Awan Heksagonal

Jenis awan paling berbahaya lainnya yaitu awan heksagonal. Seperti namanya, awan ini memiliki ciri yaitu berbentuk segi enam.

Bentuk dari awan inipun dapat dilihat jelas dari luar angkasa. Selain itu, awan ini berbentuk seperti rumah lebah. Memang, bentuk dari awan ini terdengar unik dan indah jika dilihat.

Namun, ternyata awan heksagonal ini sangat berbahaya. Ketika awan ini muncul, pesawat sangat dilarang sekali untuk melintas.

Pasalnya, kehadiran awan ini diyakini sebagai penyebab dari hilangnya pesawat maupun benda lain yang melintas di kawasan segitiga bermuda.

Itulah Jenis awan paling berbahaya bagi dunia penerbangan. (Deni/R4/HR-Online)

Loading...