Bahayakan Pengguna Jalan, Warga Minta Pohon Besar di Jalan Raya Pangandaran Dipangkas

mengevakuasi pohon besar
Petugas BPBD, Dinsos dan Tagana Pangandaran mengevakuasi reruntuhan pohon besar yang tumbang, dengan menggunakan gergaji senso. Peristiwa tersebut terjadi di jalan Wonoharjo, Kecamatan/Kabupaten Pangandaran, Selasa (25/2/2020). Foto : Entang SR/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Warga meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat melakukan pemangkasan pohon besar di sepanjang Jalan Raya Pangandaran, tepatnya yang berada di wilayah Desa Wonoharjo, Kecamatan/Kabupaten Pangandaran. 

Sebab, meski deretan pohon besar itu menghiasi sepanjang jalan utama di Kabupaten Pangandaran, namun bisa berpotensi membahayakan pengguna jalan.

Terbukti, sudah beberapa kali pohon besar yang berada Jalan Raya Pangandaran itu tumbang, terlebih saat ini sering terjadi hujan deras disertai angin kencang. Bahkan beberapa waktu lalu melukai pengguna jalan yang melintas di jalan tersebut.

Kepala Desa Wonoharjo, Dede Suprapto mengatakan, keberadaan deretan pohon tua dan besar yang berada di sepanjang Jalan Raya Pangandaran itu, sangat dikhawatirkan oleh warga terutama pengguna jalan.

“Peristiwa pohon tumbang maupun batangnya yang patah kerap terjadi di jalan itu, sehingga tentunya sangat mengancam keselamatan pengendara yang melintas,”  katanya kepada HR Online, Rabu (26/2/2020).

Dede mengungkapkan, setidaknya tiga kali ranting pohon berukuran cukup besar patah, dan tiga kali juga menimpa pengendara yang melintas.

Dede berharap, pohon-pohon besar yang dianggap sudah tua dan rapuh untuk ditebang saja sebelum menelan korban lagi, sehingga tidak ada lagi pengendara yang  tertimpa reruntuhan pohon. 

Pihak Desa Wonoharjo juga sudah menyampaikan keluhan tersebut ke pihak Dinas PUPR Provinsi Jawa Barat melalui surat resmi, telepon dan juga via pesan singkat WhatshApp.

“Namun sampai saat ini belum juga ada jawaban yang pasti,” ucapnya.

Selain melaporkan ke Pemprov Jabar, pihak desa juga telah menyampaikan ke Pemkab Pangandaran melalui dinas terkait.

Patahan Ranting Pohon Besar Lukai Pengguna Jalan

Seperti diberitakan HR Online sebelumnya, patahan ranting pohon berukuran besar menimpa pengendara sepeda motor, Selasa (25/2/2020).

Salah satu korbannya adalah seorang pengendara motor bernama Yuyu Yulianto, warga Dusun Bojongjati, RT. 04/04, Wonoharjo, yang terluka dan harus dilarikan ke klinik terdekat guna mendapatkan perawatan medis.

“Saya sempat meloncat untuk menghindari ranting pohon ukuran besar yang jatuh tersebut,” tuturnya kepada HR Online.

Namun meskipun berusaha menghindar, Yuyu tetap saja terluka akibat benturan ranting pohon lainnya. Akibatnya, Yuyu mengalami luka di bagian kaki pinggang dan kepala. (Ntang/R5/HR-Online)

Loading...