Bahu Jalan Cigugur-Langkaplancar Pangandaran Longsor, Warga Minta Dipasang Bronjong

Bahu Jalan Cigugur-Langkaplancar Pangandaran Longsor, Warga Minta Dipasang Bronjong
Akibat hujan yang terjadi akhir- akhir ini, bahu jalan Cigugur-Langkaplancar mengalami longsor, tepatnya di Dusun Ciguha Rt 05 Rw 02 Desa Campaka, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Foto:Enceng/HR

Berita Pangandaran (harapanrakyat.com).-  Akibat hujan yang terjadi akhir- akhir ini, bahu jalan Cigugur-Langkaplancar mengalami longsor, tepatnya di Dusun Ciguha Rt 05 Rw 02 Desa Campaka, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Kepala Desa Campaka, Wawan Herdiawan, mengatakan, longsor terjadi kemarin sore saat hujan deras mengguyur wilayah Cigugur dan sekitarnya.

“Longsor tersebut persis di bahu jalan dengan lebar longsoran sekitar 6 meter dengan tinggi longsoran sekitar 30 meter,” ujarnya kepada Koran HR, Selasa (25/02/2020).

Jika hal ini terus dibiarkan, kata Wawan, dikhawatirkan akan terus tergerus dan membuat jalan Cigugur-Langkqplancar terputus.

“Ini memerlukan penanganan khusus, mengingat potensi longsor susulan sangat tinggi jika tak secepatnya ditanggulangi,” paparnya.

Wawan mengatakan, agar tak terjadi hal- hal yang tidak diharapkan, sebaiknya bahu jalan itu dipasang penahan batu beronjong, menyambung beronjong yang sudah terpasang sebelumnya.

Sebab, longsoran tersebut persis di samping longsoran sebelumnya yang sudah dipasang beronjong.

“Selain harus dipasang beronjong, pinggir jalan ini juga sebaiknya dipasang pagar pembatas yang terbuat dari plat, mengingat tebing tersebut sangat tinggi dan curam,” imbuhnya. (Enceng/Koran HR)

Loading...