Banyak Warga Terserang Cikungunya, Dinkes Ciamis Lakukan Fogging

Dinkes Ciamis
Petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis lakukan fogging di Kelurahan Sindangrasa. Foto: Eli Suherli/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Akibat banyak warga yang terserang cikungunya, petugas dari Dinas Kesehatan atau Dinkes Kabupaten Ciamis melakukan fogging di rumah-rumah warga yang ada di wilayah Kelurahan Sindangrasa.

Yuli, salah seorang warga Kelurahan Sindangrasa, ketika ditemui HR online, Sabtu, (22/2/2020), mengatakan, setelah ada warga yang terjangkit cikungunya, dirinya langsung melaporkan kejadian ini kepada pihak kelurahan supaya mendapatkan perhatian.

“Karena ada warga terjangkit cikungunya, maka kejadian tesebut langsung dilaporkan kepada pihak pemerintah Kelurahan Cindangrasa, hal tersebut supaya nantinya dilakukan penanganan,” ungkapnya.

Lebih lanjut kata Yuli, jika melihat letak kondisi wilayah Kelurahan Sindangrasa yang padat penduduk, maka tidak menutup kemungkinan nyamuk penyebab cikungunya dan juga nyamuk DBD bersarang. Terlebih sekarang musim pancaroba.

Kata Yuli, dengan fogging yang dilakukan Dinkes Ciamis, maka penyebaran nyamuk penyebab Cikungunya dan juga DBD bisa diusir dan tidak bersarang di rumah warga Kelurahan Sindangrasa.

“Meski fogging tidak membunuh jentik nyamuk, akan tetapi hal tersebut memang perlu dilakukan, sehingga endemik nyamuk dapat diatasi segera sebelum jatuhnya korban akibat gigitan nyamuk.” Jelasnya.

Sementara Maman Sekertaris Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis, mengatakan, setelah mendapatkan laporan dari warga, maka pihaknya langsung memerintahkan petugas untuk melakukan fogging sesuai yang warga inginkan.

“Saat ini memang pihak dinas sedang melakukan fogging secara bertahap, khususnya di wilayah kota Ciamis yang padat penduduk dan sudah menjadi endemik nyamuk penyebab DBD dan cikungunya. Itu yang terus kita wapadai di musim penghujan saat ini, sebab, nyamuk mudah berasarang di tempat yang banyak genangan airnya,” jelasnya.

Lebih lanjut kata Maman, selain melakukan fogging, pihaknya juga mendorong kepada seluruh warga supaya menjaga kebersihan lingkungan, sehingga nyamuk tidak bisa bersarang apabila lingkungan bersih.

“Biasanya apabila banyak sampah yang menyimpan banyak air, maka nyamuk akan mudah bersarang, namun apabila sampah dibersihkan, maka saat hujan turun tidak ada sampah plastik yang menyimpan air untuk bersarangnya nyamuk,” katanya. (ES/R7/HR-Online)

Loading...