Baru Selesai Dibangun, TPT di Desa Baregbeg Ciamis Ambruk

Belum Lama Dibangun, TPT di Desa Baregbeg Ciamis Ambruk
Belum lama dibangun, tembok penahan tebing (TPT) jalan Ciwalung, Dusun Ciwalung, RW 013 Desa/Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat ambruk. Foto:Fahmi/HR

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Baru selesai dibangun, tembok penahan tebing (TPT) jalan Ciwalung, Dusun Ciwalung, RW 013 Desa/Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat ambruk.

Saat dikonfirmasi HR Online Rabu (19/2/2020), Plt Kepala Desa Baregbeg H Owoy, membenarkan sudah beberapa hari ini TPT yang dibangun di Dusun Ciwalung ambruk. Kata dia, ambruknya TPT tersebut karena tidak bisa menopang air yang meluap dari sawah pada saat  hujan deras terjadi.

Owoy menyebut, TPT yang ambruk kurang lebih sepanjang 20 meteran. “Memang sudah beberapa hari TPT itu ambruk karena tidak bisa menahan air hujan,” ujarnya.

Kata dia, anggaran pembangunan TPT tersebut bersumber dari Dana Desa tahun 2019 tahap ke 3 yang pelaksanaan pekerjaannya dilakukan pada bulan Desember 2019 kemarin. Anggaran TPT tersebut senilai Rp 107.573.500.

Lanjutnya, pembangunan TPT tersebut dilaksanakan oleh panitia lokal, terdiri dari unsur LPM, RW, Kadus dan masyarakat sekitar Dusun Ciwalung.

“Sudah ada laporan ke desa mengenai TPT ambruk dan pihak panitia siap secepatnya memperbaiki bagian yang ambruk,” jelasnya.

Owoy mengakui, ada sedikit kesalahan dalam pembangunan TPT tersebut, yakni kurang besarnya lubang pembuangan air pada badan TPT. Sehingga, saat hujan deras terjadi, air dari sawah meluap dan menghantam TPT hingga mengakibatkan ambruk.

“Bukan pekerjaannya yang jelek, saya akui sangat bagus pengerjaannya, tapi itu murni musibah akibat alam (hujan),” tandas H Owoy. (Fahmi/R8/HR Online)