Kamis, Juli 7, 2022
BerandaBerita TerbaruBaterai Laptop Cepat Habis, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Baterai Laptop Cepat Habis, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Baterai laptop cepat habis, tentu hal tersebut akan menghambat kinerja anda. Laptop adalah perangkat elektronik yang saat ini berfungsi untuk membantu pekerjaan manusia.

Penggunaan laptop akan bermanfaat untuk pekerjaan kantor, administrasi, kuliah, sekolah dan masih banyak lagi.

Anda telah mengisi baterai laptop full, namun yang sering terjadi daya tersebut mudah habis. Pekerjaan belum selesai, namun anda harus buru-buru mencari port untuk mengecasnya.

Pekerjaan menjadi sedikit lambat dan anda akan kesal. Untuk itu, perlu diketahui penyebabnya berikut dengan cara mengatasinya.

Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis

Saat membeli laptop baru, kondisi baterai akan baik dan hemat daya. Namun, seiring berjalannya waktu, kondisi baik pada baterai dan keawetannya akan berkurang. Hal tersebut karena penggunaan laptop yang terlalu sering.

Kadang-kadang baterai laptop akan mengalami permasalahan. Fungsi baterai dalam penggunaan laptop sangat penting, yakni sebagai alat untuk menyimpan daya serta memberikan daya listrik supaya laptop dapat menyala.

Laptop baru akan dibekali baterai yang daya tahannya bisa berjam-jam. Anda tidak harus selalu mengecas, namun lama kelamaan baterai laptop cepat habis.

Faktor utama dari baterai laptop yang bermasalah adalah perilaku yang tidak benar pada penggunaannya. Kesehatan baterai laptop akan dipengaruhi oleh penggunaan laptop. Permasalahan baterai laptop, penyebabnya diantaranya sebagai berikut:

1. Penggunaan Terlalu Lama

Laptop yang digunakan dalam waktu yang lama akan membuatnya mudah panas. Saat anda menggunakan laptop hingga berjam-jam bahkan sampai baterai habis, akan menimbulkan kerusakan pada komponen yang ada di dalam baterai.

Sistem akan menjadi panas jika laptop digunakan dalam jangka waktu yang lama. Sehingga akan berdampak buruk pada komponen lainnya, termasuk diantaranya baterai. Dampak yang terjadi pada komponen satu ini biasanya baterai laptop cepat habis.

2. Melakukan Charger Sambil Mengoperasikan Laptop

Penyebab dari baterai laptop yang mudah habis selanjutnya adalah mencharger laptop sambil menggunakannya. Hal tersebut sepele, namun akan menimbulkan masalah jika dilakukan secara terus menerus.

Mengisi daya laptop dan langsung memakainya akan langsung menyedot daya yang terisi. Dengan demikian, daya yang terisi pada baterai tidak akan terisi dengan sempurna sehingga mudah habis. Bila anda tidak menginginkan baterai boros, maka hindari perilaku seperti itu.

3. Pekerjaan Laptop Terlalu Berat

Kemampuan laptop dipengaruhi oleh spesifikasi bawaan. Spesifikasi laptop yang baik akan mampu menjalankan pekerjaan yang berat sekalipun.

Begitu sebaliknya, jika spesifikasinya rendah, maka jika dipaksa melakukan pekerjaan berat akan membuat komponen yang ada di dalamnya menjadi rusak.

Akibatnya laptop akan bekerja keras dan mudah panas. Hal tersebut akan membuat baterai laptop cepat habis dan menurunkan kualitasnya.

Penggunaan internet juga memicu baterai boros. Laptop akan bekerja lebih ekstra jika jaringan pada internet buruk.

Laptop akan menjadi panas dan berpengaruh pada baterainya. Alhasil, saat digunakan, baterai laptop akan boros.

Cara Mengatasi Baterai Laptop Cepat Habis

Jika sudah mengetahui penyebab dari baterai laptop yang mudah habis, maka dapat dilakukan pencegahan atau cara mengatasinya.

Istirahatkan laptop jika telah digunakan dalam jangka waktu yang lama. Laptop pada umumnya tidak dirancang secara khusus untuk menangani pekerjaan yang berat. Kecuali pada laptop gaming dan desain grafis.

Bersihkan laptop dari debu untuk memberikan sirkulasi udara yang baik. Sehingga tidak akan menyumbat aliran udara yang membuat laptop panas dan berdampak pada baterai.

Meletakkan laptop saat memakainya juga perlu diperhatikan. Karena jika diletakkan di atas bahan yang empuk seperti kasur dan bantal, membuat sirkulasi udara tidak akan berjalan dengan baik sehingga baterai laptop cepat habis.

Pilihlah media yang benar seperti meja, di atas lantai atau alas lainnya. Tingkat kecerahan yang terlalu tinggi juga akan membuat baterai laptop boros.

Aturlah brightness layar yang sesuai supaya baterai tidak boros. Selain itu, kecerahan yang pas juga lebih menyehatkan mata.

Jangan biarkan baterai kehabisan daya sampai 0% atau laptop mati dengan sendirinya. Anda harus selalu memperhatikan sisa daya pada baterai saat menggunakannya.

Membiarkan daya baterai hingga kosong akan mematikan banyak ion yang ada di dalam laptop. Cara mengatasi baterai laptop cepat habis dengan klik kanan pada System Tray dan pilih Power Options.

Kemudian klik Create a Power Plan, beri nama dan Next. Atur kecerahan pada Create, lalu aktifkan Power Plan dengan klik icon baterai. Kemudian charge laptop sampai full. (R10/HR-Online)