Belajar Fotografi Untuk Pemula

Belajar Fotografi untuk Pemula
Salah seorang pemuda saat belajar fotografi. Foto: Muhafid/HR

Belajar fotografi untuk pemula menjadi salah satu topik cukup dicari oleh sebagian orang yang baru memulai di dunia foto. Belajar foto secara baik tentu saja akan membuat seseorang menjadi lebih paham di dunia tersebut.

Sebenarnya, memotret bisa dilakukan oleh semua orang, baik menggunakan kamera DSLR, Mirrorles, Kamera Handphone maupun jenis kamera lainnya. Namun, tidak kalah penting adalah Anda dapat mempelajari komposisi dalam sebuah foto.

Untuk fotografi pemula, ada beberapa hal yang perlu dipahami terlebih dahulu sebelum Anda memotret, terutama masalah eksposure atau banyak sedikitnya cahaya yang diterima oleh sensor kamera.

Sehingga, dengan cahaya yang sesuai akan menghasilkan foto yang baik dan tentunya sesuai dengan harapan.

Selain eksposure, memahami segitiga eksposure yang terdiri dari shutter speed, ISO dan aperture juga tidak kalah penting bagi pemula. Bahkan, belajar ini wajib bagi yang baru memulai belajar memotret.

Belajar Fotografi Untuk Pemula

Ada beberapa langkah yang perlu Anda perhatikan sebelum memotret objek. Dengan memahami kondisi objek dengan baik akan berpengaruh terhadap hasil foto yang diambil, termasuk dengan memahami dari mana cahaya itu datang.

Beberapa tips sederhana di bawah ini bisa Anda lakukan ketika Anda baru memulai motret dengan berbagai alat yang Anda miliki. Jadi, teknik pemotretan sangat penting dalam bidang seni mengukir cahaya ini.

Memperhatikan Garis Horison

Setiap objek yang akan diambil, biasanya akan ada garis horizon yang tercipta secara alami. Keberadaan garis ini sangat mempengaruhi hasil foto kita. Maka dari itu, pemula harus benar-benar peka terhadap garis horizon yang ada pada objek.

Foto dengan pengambilan garis horizontal yang begitu jelas. Foto: Istimewa/Net

Saat hasil foto Anda tidak benar-benar lurus sesuai garis horizon, kemudian bisa dilakukan pengeditan di berbagai aplikasi editing foto, baik di handphone maupun di PC atau laptop.  

Ketika Anda memotret menggunakan tripod, jadi sudah tidak alasan lagi bila hasil fotonya tidak lurus dengan garis imajiner tersebut. Apalagi di kamera biasanya sudah tersedia fiturnya agar foto tetap lurus, seperti fitur grid.

Memperhatikan White Balance (WB)

Belajar fotografi untuk pemula selanjutnya adalah dengan memahami WB. Diketahui, WB adalah metering yang diciptakan oleh kamera berdasarkan pencahayaan yang ada di sekitarnya.

WB dengan settingan Auto pada kamera DSLR Nikon. Foto: Muhafid/HR

Artinya, pencahayaan dalam hal ini bisa diukur oleh kamera sesuai dengan pencahayaan yang ada di lokasi pemotretan. Meksi pilihan di kamera yang Anda gunakan bermacam-macam, lebih enaknya Anda menggunakan Auto saja atau AWB.

Gambar yang Tajam

Dalam hal ini, Anda setiap memotret diusahakan pengambilannya objeknya benar-benar tajam. Sebab, itu berpengaruh terhadap hasil, apakah foto itu bagus atau tidak.

Sehingga, saat Anda memotret diusahakan dalam keadaan steady atau stabil, tidak goyang atau pun objeknya blur. Agar tidak bergetar tangannya saat memotret, biasakan menggunakan 2 tangan atau memanfaatkan tripod.

Dalam masalah ini, Anda juga bisa menyesuaikan shutter speed atau pun ISO agar foto yang diambil benar-benar tajam.

Komposisi dan Cropping

Saat belajar fotografi untuk pemula, memperhatikan komposisi dan cropping (pemotongan) yang benar akan menghasilkan kesan tersendiri.

Misalnya, ketika Anda memotret objek teman bisa diposisikan di pinggir kanan atau kiri daripada di tengah agar terlihat lebih enak, karena akan ada space (ruang) yang menambah enak ketika dipandang.

Foto: Muhafid/HR

Termasuk saat melakukan pemotongan dari sebuah foto dengan harapan hasilnya menjadi lebih baik, maka pemotongannya pun harus benar dan tepas agar gambarnya bagus.

Memperhatikan Eksposure Sebelum Memotret

Sebagaimana disebutkan di awal tulisan, Anda bisa mengatur eksposure sesuai dengan keinginan dengan mode manual. Namun bagi Anda yang tidak mau kehilangan momen karena proses pengaturannya memakan waktu, Anda bisa memilih mode Apperture Priority (AP).

Hal lain yang bisa menjadi patokan bagi Anda yang sedang belajar fotografi untuk pemula,adalah dengan melihat metering pada layar. Usahakan tandanya berada di tengah atau di sekitarnya. Selanjutnya, terus melakukan eksplorasi dengan berbagai komposisi adalah kunci sukses belajar fotografi. (Muhafid/R6/HR-Online)

Loading...