Berat Badan Tak Kunjung Turun? Ini Penyebabnya

Berat badan tak kunjung turun padahal kamu sudah berusaha dengan berolahraga, bahkan sampai melakukan diet ketat.
Berat badan tak kunjung turun padahal kamu sudah berusaha dengan berolahraga, bahkan sampai melakukan diet ketat. Photo: Ilustrasi.

Berat badan tak kunjung turun padahal kamu sudah berusaha dengan berolahraga, bahkan sampai melakukan diet ketat. Namun, tetap saja berat badan tak kunjung turun.

Bagi yang memiliki berat badan berlebih, mungkin kondisi tersebut bisa membuatmu stres karena berat badan yang diinginkan tidak tercapai. Namun, bukan berarti kamu tidak dapat menurunkan bobot tubuh.

Mungkin saja ada penyebab lain yang masih kamu lakukan. Seperti yang dirangkum HR Online dari berbagai sumber, berikut ini penyebab bobot tubuhmu tidak berkurang.

Penyebab Berat Badan Tak Kunjung Turun

Kurang Asupan Protein

Nutrisi memiliki peranan penting untuk turunkan berat badan. Porsi asupan protein minimal 25-30 persen dari jumlah total kalori bisa tingkatkan metabolisme 80 sampai 100 kalori per harinya.

Selain itu, asupan protein yang cukup juga bisa membantu membuat perutmu kenyang lebih lama, sehingga kamu menjadi tak mudah tergoda untuk ngemil.

Tidak Memantau Makanan yang Dikonsumsi

Berat badan tak kunjung turun bisa jadi disebabkan tidak terpantaunya makanan yang kamu konsumsi. Jika tujuannya ingin mengurangi berat badan, kamu harus memperhitungan asupan kalori.

Bahkan kalau perlu, catat lebih detail mengenai apa saja makanan yang seharusnya dikonsumsi dan dihindari.

Sebuah studi menyebutkan, mereka yang bikin catatan terhadap konsumsi hariannya terbukti berhasil turunkan berat badan secara konsisten.

Pola Makan Masih Kategori Binge Eating

Penyebab berat badan tak kunjung turun bisa jadi akibat kamu masih melakukan pola makan kategori binge eating, yaitu kebiasaan makan banyak dan tidak terkontrol.

Kondisi tersebut efek samping dari diet dan itu sangat umum terjadi. Tapi, mengonsumsi makanan sehat secara berlebihan bisa menjadi penyebab berat badanmu susah turun.

Masih Konsumsi Minuman Olahan Manis

Jangan merasa aman karena sudah tidak lagi mengonsumsi minuman latte atau minuman bersoda, dan menggantinya dengan jus atau teh dalam kemasan.

Sebab, gula tambahan bisa ada di dalam minuman, terutama minuman kemasan atau olahan. Yang paling aman, sebaiknya cukup mengonsumsi air mineral karena jauh lebih menyehatkan.

Waktu Tidur Masih Kurang

Penyebab berat badan tak kunjung turun salah satunya akibat waktu tidur yang masih kurang. Karena tak hanya ukuran kuantitas saja, tapi tidur juga harus berkualitas dan ini harus diperhatikan.

Sejumlah studi menunjukkan kalau ternyata kurang tidur menjadi salah satu faktor penyebab obesitas tertinggi dibanding faktor lainnya.

Risiko obesitas yang diakibatkan oleh kurangnya waktu tidur atau istirahat mencapai angka sebesar 55 persen.

Kamu Tidak Latihan Kardio

Pada dasarnya latihan kardio adalah semua jenis olahraga yang bisa meningkatkan detak jantung, sehingga tubuhmu juga akan lebih sehat.

Selain itu, latihan kadio juga sangat efektif membuang visceral, yakni timbunan lemak di perut yang sangat berbahaya.

Kamu bisa pilih latihan kardio favoritmu, seperti bersepeda, joging, senam aerobik, berenang, dan banyak lagi jenis lainnya.

Tubuhmu Tidak Terhidrasi dengan Baik

Penyebab berat badan tak kunjung turun bisa juga akibat tubuhmu tidak terhidrasi dengan baik. Karena, dalam metabolisme air menjadi salah satu kunci penting.

Sebuah penelitian menunjukkan, mereka yang minum air 30 menit sebelum makan sebanyak setengah liter, dalam rentang waktu selama 12 minggu berhasil mengurangi 44 persen berat badannya.

Selain itu, asupan air yang cukup juga akan membantu kamu meningkatkan 24 hingga 30 persen kadar kalori yang telah terbakar.

Masih Konsumsi Alkohol

Mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan juga menjadi penyebab berat badan tak kunjung turun, meskipun kamu sudah menjalankan diet.

Minuman jenis anggur, bir, serta beberapa jenis minuman beralkohol lainnya memiliki kandungan gula yang cukup tinggi.

Kamu Perlu Teknik Mindful Eating

Mindful eating adalah salah satu teknik makan untuk menurunkan berat badan. Artinya, kamu harus makan lebih lambat agar bisa menikmati setiap suapan.

Cara tersebut selain bisa membantu mengurangi berat badan, juga akan menghindarkan kamu dari pola makan binge eating.

Kamu Memiliki Histori Kesehatan Tertentu

Sleep apnea dan PCOCS merupakan salah satu jenis kondisi kesehatan yang bisa membuatmu susah untuk mengurangi berat badan.

Mengonsumsi obat-obatan guna mengatasi kondisi tersebut justru membuat berat badan kamu bertambah. Sebagai solusinya kamu harus berkonsultasi dengan dokter.

Buat Terget yang Realistis

Kamu juga perlu membuat target penurunan berat badan yang realistis agar kamu tidak mudah putus asa, sehingga enggan untuk melanjutkan usaha menurunkan berat badan.

Untuk mengurangi berat badan memang butuh proses, tidak bisa dicapai dalam waktu singkat sehingga dibutuhkan kesabaran untuk mencapainya.

Saat berupaya menurunkan berat badan, sebaiknya kamu juga berfokus pada kesehatan tubuh.

Jadikan apa yang kamu lakukan itu sebagai gaya hidup agar kamu tidak gampang putus asa dalam upaya mencapai target berat badan ideal. (Eva/R3/HR-Online)

Loading...