Jumat, Mei 27, 2022
BerandaBerita PangandaranBerobat ke Puskesmas Padaherang Pangandaran Daftarnya Bisa Online

Berobat ke Puskesmas Padaherang Pangandaran Daftarnya Bisa Online

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),– Puskesmas Padaherang, Kabupaten Pangandaran mulai menerapkan pendaftaran online bagi pasien yang akan berobat. Tujuan pendaftaran online Puskesmas Padaherang ini untuk meminimalisir penumpukan pasien di ruang tunggu saat mendaftar.

Saat ini, sosialisasi terus digencarkan ke desa-desa untuk mengenalkan sistem pendaftaran online tersebut.

Kepala Puskesmas Padaherang, Suryati, mengatakan, ide pendaftaran online melalui aplikasi android ini dilatarbelakangi oleh menumpuknya pasien yang akan berobat di ruang tunggu puskesmas. Hal ini kerap terjadi dan mengakibatkan pasien tidak nyaman, bahkan suasana puskesmas pun jadi semrawut.

“Setiap hari pasien banyak sekali, diperkirakan rata-rata 100 pasien per hari yang menunggu antrian, maka kita buat inovasi dan terobosan pendaftaran bisa dari rumah,” jelas Suryati.

Lebih lanjut Suryati, yang juga ASN berprestasi se-Jawa Barat tersebut mengatakan, inovasi pendaftaran online Puskesmas Padaherang ini bisa menghemat waktu dan tenaga, karena setelah mendaftar akan ada pemberitahuan jam berapa pasien harus datang dan apa saja yang harus dibawa.

“Pendaftaran bisa dari rumah atau di mana saja, asal punya HP Android dan download aplikasi di playstore ketik E Puskesmas Padaherang dan masuk ke menu pilihan, mau pilih umum, rujukan, fisioterapi, KIA, dan lainnya. Selanjutnya masukkan nomor NIK, tinggal tunggu jawaban. Ini simpel dan mudah,” jelas Suryati.

Suryati berharap tidak ada lagi penumpukan pasien saat mengantri di ruang tunggu. Ini juga untuk meminimalisir pasien berdesakkan. Walaupun saat ini masih uji coba dan sosialisasi ke desa-desa selama 2 minggu ke depan.

“Rencananya tanggal 19 Februari akan launching, harapannya inovasi ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat tidak hanya negatifnya saja, tapi mari gunakan sebaik-baiknya mengingat pelayanan ini 10 menit lebih cepat,” pungkasnya. (Madlani/R7/HR-Online)

- Advertisment -