Rabu, Mei 25, 2022
BerandaBerita CiamisBerita BanjarsariBerpotensi Hasilkan PAD, Ketua DPRD Ciamis Harap Desa Kalijaya Dikembangkan

Berpotensi Hasilkan PAD, Ketua DPRD Ciamis Harap Desa Kalijaya Dikembangkan

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Ketua DPRD Kabupaten Ciamis, Nanang Permana, menilai Desa Kalijaya, Kecamatan Banjaranyar bisa menjadi wilayah penyangga pariwisata yang bisa menyedot PAD.

Menurut Nanang, Festival Durian yang menjadi ajang tahunan di Desa Kalijaya berpotensi dikembangkan lebih luas lagi selain sebagai daerah penghasil durian.

“Kenapa tidak di Kalijaya ini kita bikin pasar tematik yang mana isinya adalah hasil komoditi pertanian. Apalagi di sini itu banyak sekali hasil bumi yang mana nilai jualnya cukup tinggi. Jika ditata, ini bisa lebih menarik,” kata Nanang kepada awak media di sela-sela kegiatan festival durian, Rabu (19/2/2020).

Selain itu, kata Nanang, ia juga menilai lokasi yang dijadikan tempat festival ini agar dibenahi lagi supaya pengunjung semakin nyaman saat berkunjung.

Ia menyarankan agar di lokasi tersebut dipasang paving blok dan tempat di sekitarnya yang masih cukup luas bisa dijadikan lahan parkir yang bisa menampung ribuan kendaraan.

“Orang boleh mandi dan bermain di Pangandaran, namun kita harus mencari cara bagaimana agar mereka itu bisa mampir dan singgah di Kalijaya, bagaimana mereka menginap atau tidurnya di Kalijaya? Di kalijaya kan ada lembah puncak gunung Porang yang mana dari lokasi itu Pangandaran bisa terlihat dengan jelas, ini potensial sekali,” imbuh Nanang.

Ke depan, Nanang melanjutkan, pihaknya akan memberikan perhatian khusus bagi Kalijaya. Kendati demikian, perlu waktu cukup panjang untuk penataan kawasan tersebut. Sebab, penataan jika hanya melalui APBD Kabupaten Ciamis saja belum cukup, namun dibantu Provinsi maupun pusat. (Suherman/R6/HR-Online)

- Advertisment -