Bisnis Online yang Cocok untuk Mahasiswa, Modal Semangat Tapi Menjanjikan

Bisnis Online yang cocok untuk Mahasiswa
Ilustrasi bisnis online. Foto: Net/Ist

Bisnis online yang cocok untuk mahasiswa sudah banyak tersebar dan terbuka lebar di internet. Bisnis online yang cocok ini bisa menjadi peluang besar bagi mahasiswa untuk mendapat tambahan uang namun tetap tidak mengganggu aktivitas akademik.

Bagi mahasiswa tidak mungkin ingin mendapatkan penghasilan atau ingin menambah uang jajannya melalui kerja berat, tentunya akan menyita waktu dan pikirannya sehingga mengganggu aktivitas perkuliahan.

Oleh karena itu, perlu bisnis yang cocok untuk mahasiswa dengan segala aktivitas dan kesibukannya, Nah, bisnis online bisa menjadi salah satu solusinya.

Melalui bisnis online mahasiswa bisa memanfaatkan waktu luang di sela-sela kesibukan perkuliahan untuk mendapat pundi-pundi yang cukup menjanjikan, karena pekerjaan online tidak terlalu menyita waktu.

Lantas, apa saja bisnis online yang cocok untuk mahasiswa dan tetap tidak mengganggu aktivitas utamanya?, mungkin artikel di bawah bisa menjadi inspirasi.

Jenis Bisnis Online yang Cocok untuk Mahasiswa

Terdapat dua jenis bisnis online yang bisa dimanfaatkan mahasiswa untuk mendapatkan uang yaitu, bisnis online mandiri dan Freelance.

Bisnis online mandiri merupakan bisnis yang dibangun secara mandiri oleh mahasiswa, baik individu ataupun melalui kelompok, seperti membuat tim atau melalui organisasi.

Bisnis jenis ini cukup recommended bagi mahasiswa yang kurang suka berkerja dengan aturan-aturan yang terkadang tidak sesuai dengan keinginan atau bayangan mahasiswa.

Jiwa muda, biasanya tidak bisa merasa nyaman dengan aturan-aturan atau tuntutan pekerjaan, maka bisnis online ini bisa jadi cocok bagi mahasiswa yang seperti itu.

Selanjutnya, bisnis online yang cocok untuk mahasiswa adalah freelance, bisnis ini sangat cocok bagi mahasiswa yang terbiasa dengan target, aturan dan tuntutan.

Karena freelance merupakan kerjasama berdasarkan kontrak kerja yang  disepakati dengan pencari kerja secara freelance atau kerja lepas.

Para freelancer biasanya mendapatkan pekerjaan dari situs-situs yang menjadi penyalur antara pencari kerja dengan pencari jasa kerja, situs-situs jenis ini sudah banyak tersebar di internet.

Bisnis Online Mandiri

1.  Berjualan Online

Terdapat beberapa jenis bisnis jualan online yang dapat dimanfaatkan dan banyak diminati termasuk oleh mahasiswa, diantaranya yaitu Membuka Toko Online dan Dropship.

Situs online shop di Indonesia seperti Tokopedia dan Bukalapak membebaskan seluruh masyarakat untuk dapat membuat toko online dan menjadi Dropshiper di situs tersebut.

Ini bisa menjadi salahsatu Bisnis online yang cocok untuk mahasiswa supaya bisa medapatkan penghasilan atau ingin menambah uang jajanya.

2.  Menjadi Blogger

Blogger bisa menjadi salahsatu pilihan bisnis online yang cocok untuk mahasiswa, karena menjadi blogger identik dengan menjadi penulis.

Sementara, menulis merupakan aktifitas yang cukup banyak diminati oleh mahasiswa, dengan menulis mahasiswa bisa mengulas kembali materi perkuliahan.

Dengan menjadi blogger, mahasiswa hanya perlu memindahkan tulisannya dari Offline menjadi Online dengan cara membangun sebuah Situs di Internet.

Selain itu, menjadi blogger tentunya tidak memerlukan modal terlalu besar, dengan modal sekitar Rp 500.000 ditambah konsisten dan semangat, sudah bisa mendapat penghasilan yang menjanjikan.

3.  Influencer

Influencer merupakan seseorang yang memiliki akun media sosial dengan follower yang banyak dan menyediakan jasa periklanan, periklanan jenis ini disebut endorse.

Periklanan menjadi semakin pesat seiring dengan semakin ketatnya persaingan bisnis, oleh karena itu banyak sekali perusahaan yang memanfaatkan jasa Influencer untuk periklanan.

Ketika mampu aktif dan kreatif mengelola media sosialnya, bisnis ini bisa menjadi salahsatu bisnis online yang cocok untuk mahasiswa.

4.  Berjualan Token Online

Berjualan pulsa merupakan bisnis yang sudah sejak dulu cukup populer untuk mahasiswa, namun dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi, peluangnya pun semakin besar.

Sekarang berjualan pulsa bisa secara online, mahasiswa juga bisa berjualan token listrik secara online.

Banyak sekali situs yang menyediakan fitur ini dan bisa dimanfaatkan mahasiswa untuk berjualan dan menghasilkan pundi-pundi uang.

Bisnis Online Freelancer

Selain bisnis online secara mandiri, mahasiswa memiliki peluang yang sangat besar dengan menjadi freelancer. Sebab, terdapat banyak sekali pencari jasa freelance dari seluruh dunia.

Situs freelancer yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk mencari pekerjaan dan mendapatkan uang tambahan bisa di akses dengan mudah di internet.

Selain itu, jenis pekerjaan yang ditawarkan sangat banyak sehingga bisa disesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki oleh mahasiswa dan tentunya bisnis online yang cocok untuk mahasiswa ini sangat disarankan untuk dicoba.

Beberapa jenis pekerjaan yang terbilang cocok untuk mahasiswa di antaranya, Desain Grafis, Fotografer, Konten Kreator, Web Desain, Web Programing, Penulisan Artikel dan masih banyak lagi.

Bayaran terhadap jasa freelancer juga variatif, berada pada kisaran Rp 100.000 sampai Rp 10.000.000 bahkan lebih, tergantung jenis pekerjaan dan perusahaan yang membutuhkan.

Beberapa situs Freelancer antara lain, Freelancer.co.id, Projects.co,id, sribu.com, sribulancer.com, upwork.com, 99 Desain, ShutterStock dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa bisnis online yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk mengisi waktu-waktu luangnya dan mendapatkan uang tambahan.

Namun, bisnis online yang cocok untuk mahasiswa tersebut, meski terlihat mudah dan simple tetap memerlukan skill, ketekunan dan konsisten. (Muhafid/R6/HR-Online)

Loading...