Diikuti Atlet dari Luar Jawa, Bupati Ciamis Buka Turnamen Catur Percasi

Diikuti Atlet dari Luar Jawa, Bupati Ciamis Buka Turnamen Catur Percasi
Sejumlah atlet catur tengah bertanding dalam turnamen catur “Bupati Ciamis Cup” di Food Current taman Lokasana Ciamis, Minggu, (23/2/2020). Foto:Eli/HR

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),-  Bupati Ciamis H Herdiat Sunarya membuka turnamen catur “Bupati Cup” yang diselenggarakan oleh persatuan Catur seluruh iIndonesia (PERCASI) kabupaten Ciamis, Minggu, (23/2/2020).

Diikuiti banyak peserta, pelaksanaan pertandingan sendiri di gelar di Food Current taman Lokasana Ciamis.

“Saya berharap dengan diadakanya turnamen catur ini, akan muncul lebih banyak sekali atlet-atlet catur khususnya di kabupaten Ciamis. Sehingga kedepan bibit atlet catur bisa terus mengembangkan bakatnya di bidang olahraga catur ini,” ujar Herdiat.

Diakunya, jika kita ingin mendapatkan atlet catur yang handal, caranya yakni harus ada turnamen-turnamen seperti ini. Lewat turnamen kita bisa lihat kemampuan para atlet, lewat persaingan dalam permainan, kita akan melihat mana saja atlet catur yang potensial.

“Sangat bagus terutama turnamen ini ada kelas anak-anak, sehingga mereka sudah terlatih dari usia dini mengikuti pertandingan. Tentu kedepannya harus dibina agar bisa terus berkembang dan menjadi atlet handal di bidang catur,” katanya.

Herdiat, berharap kepada atlet dan panitia pertandingan agar menjungjung tinggi nilai-nilai sportifitas, agar menghasilkan juara yang benar-benar juara.

Sementara itu Ketua Percasi Kabupaten Ciamis, Harry Ramdhan, mengatakan, turnamen catur ini pertama kali digelar dengan memperebutkan trofi Bupati Ciamis, sehingga banyak sekai peserta yang datang.

“Awalnya kita hanya mengadakan turnamen untuk wilayah Priangan Timur saja, tetapi ternyata peserta banyak sekali terutama kelas umum dan mereka ada yang datang dari Percasi Jawa Timur, Jawa Tengah, bahkan ada yang dari Sumatera dan Slawesi,” ungkapnya.

Lebih lanjut Harry mengatakan, untuk kelas anak-anak sekolah dasar (SD) diikuti sekitar 68 atlit catur dari setiap sekolah yang mendaftarkan. Pelaksanaan sendiri pada hari Sabtu kemarin (22/2/2020. Sementara untuk kelas umum pada dilaksanakan hari Minggu (23/2/2020).

“Sengaja kami mengelar pertandingan catur kelas anak SD, karena percasi Ciamis ingin mencari bakat-bakat atlet catur yang ada di Ciamis sejak dini, sehingga kedepan kita bisa bina dan mengikutsertakan para atlit catur di turnamen yang lebih tinggi seperi Porda dan lainnya,” katanya.

Menurut Harry, saat ini di Ciamis banyak sekali bibit-bibit atlit catur, namun tidak terlihat. Dengan turnamen ini, akan terlihat siapa saja atlit catur Ciamis yang bisa bermain catur, sehingga nantinya bisa dimasukan dalam daftar atlet di Percasi Ciamis.

“Dengan kata lain turnamen ini merupakan seleksi atlit catur di Camis khsususnya,” tandasnya. (ES/R8/HR Online)

Loading...