Bus “Gatrik” Siap Antar Wisatawan Kelilingi Kota Ciamis

Bus “Gatrik” Siap Antar Wisatawan Kelilingi Kota Ciamis
Bupati Ciamis Herdiat Sunarya dan Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra berfoto di depan bus Gatrik yang baru saja dilaunching Senin (24/2/2020), pagi di halaman pendopo Ciamis. Foto:Istimewa

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Pemkab Ciamis telah melaunching dua unit bus terbuka yang dinamai “Gatrik”, Senin (24/2/2020). Bus Gatrik (Galuh tour Kota Klasik) ini akan menjadi sarana untuk memperkenalkan potensi wisata yang ada di seputaran Kota Ciamis.

“Gatrik ini akan menjadi wahana baru untuk masyarakat Ciamis yang ingin rekreasi. Masyarakat bisa naik bus Gatrik untuk lebih mengenal lokasi-lokasi wisata yang ada di seputaran Kota Ciamis,” ujar Bupati Ciamis Herdiat Sunarya, selepas kegiatan launching Gatrik di halaman pendopo Bupati, Senin (24/2/2020).

Kata dia, dua unit bus Gatrik ini merupakan hibah dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Kehadiran bus Gatrik ini diharapkan akan semakin menyemarakan pariwisata Ciamis, dengan berbagai spot atau lokasi kunjungan wisata yang dilewati oleh bus Gatrik.

“Kita juga berharap kehadiran bus Gatrik ini bisa menarik perhatian wisatawan, khususnya wisatawan dari luar Ciamis, mudah-mudahan wisatawan lebih nyaman dan menjadikan Gatrik sebagai sarana wisata prioritas, yang ekonomis dan menyenangkan,” ungkapnya.

Kedua bus Gatrik ini sepenuhnya akan dikelola Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis. Seusai launching, Bupati Herdiat langsung mengetes bus Gatrik dengan mengendarainya mengelilingi pusat kota Ciamis.

“Saya minta kepada pengelola bus Gatrik ini agar merawatnya dengan baik, layani wisatawan dengan baik sepanjang perjalanan, hati-hati jangan sampai ugal-ugalan,” ucap Herdiat.

Bagi masyarakat yang ingin jalan-jalan mengelilingi kota Ciamis, bisa naik bus Gatrik ini. Harga tiketnya hanya sebesar Rp10 ribu per orang dengan trip 1 jam perjalan City Tour.

Rute perjalanan bus Gatrik diawali dari Tourism Information Centre (TIC) di kawasan Islamic Center, kemudian menuju Stadion Galuh – Museum Galuh Pakuan – Jambansari – Pabrik Bedak Saripohaci – Imah Loji Eks Kewadanaan – Pendopo – Mesjid Agung – Alun-alun – Gwan Hien – Pabrik Galendo – Venue Sikuit BMX dan kembali finish di TIC. (Jujang/R8/HR Online)