Canon EOS 850D, Kamera DSLR Terbaru untuk Kelas Pemula

Canon EOS 850D
Kamera Canon EOS 850D. Foto: Istimewa

Canon EOS 850D adalah kamera DSLR yang ditujukan untuk pengguna pemula. Namun fitur yang disematkan mempunyai performa kelas atas.

Bagi Canon, pasar kamera DSLR kelas pemula masih menjadi pangsa pasar yang menarik. Hal tersebut dibuktikan dengan rilisnya kamera DSLR terbaru EOS 850D atau Rebel T8i.

Kamera DSLR yang dirilis oleh Canon untuk pengguna pemula selalu memakai 3 digit. Satu digit untuk fotografer profesional dan dua digit lainnya untuk kelas menengah.

Canon telah menyediakan berbagai fitur yang tidak kalah canggih dengan kamera pada level  lebih tinggi. Meskipun kamera DSLR terbaru yang dirilis ditujukan untuk pemula.

Harga dan Spesifikasi Canon EOS 850D

EOS 850D  merupakan kamera yang ringan dan fleksibel. Teknologi yang disematkan mampu menampilkan video 4K.

Sistem autofokusnya juga lebih baik bila dibandingkan dengan Canon EOS 800D. Kamera DSLR terbaru untuk kelas pemula ini membawa banyak peningkatan yang cukup signifikan.

EOS 850D, Kemampuan Merekam Video Vertikal

Canon masih mempertahankan sensor APS-C CMOS 24 MP pada kamera DSLR terbarunya. Sensor tersebut sebelumnya digunakan oleh Canon EOS 800D.

Namun sensor Canon EOS 850D diberi tambahan prosesor terbaru dari Canon DIGIC 8. Sehingga dapat memotret tanpa henti dengan kecepatan yang lebih tinggi, yakni hingga 7 fps. Sementara kemampuan merekam videonya sampai resolusi 4K.

Lebih menariknya lagi, kamera EOS 850D ini dapat merekam video vertikal. Fitur ini telah diadopsi dari kamera saku premium pada Canon PowerShot G7 X Mark III.

Baca juga: Canon M6 Mark II, Fitur dan Spesifikasi Makin Mumpuni

Meskipun telah disematkan dukungan 4K pada 25p, namun pengguna tidak bisa menggantinya ke pengaturan video 4K/30p.

Kemampuan dalam merekam video ini telah memperluas pilihan dari seri pendahulunya, yakni EOS 800D. Pengaturan dapat lebih dirinci untuk pemilihan adegan otomatis dan film selang waktu.

Untuk mengatasi guncangan pada saat perekaman film genggam, maka Canon EOS 850D telah dilengkapi dengan 5-Axiz Movie Digital IS. Sehingga perekaman lebih terkontrol dan halus. Layar pada kamera Canon terbaru ini dapat diputar seperti pada standar kamera saat ini.

Sistem Autofocus Dual Pixel CMOS

Peningkatan fitur berlanjut pada sektor autofokusnya. Canon EOS 850D telah dibekali dengan sistem autofocus Dual Pixel CMOS yang disokong sensor AE 220.000 piksel dan EOS Intelligent Tracking atau iTR AF.

iTR akan memberikan akurasi kecepatan yang tinggi dan ideal untuk dapat menangkap obyek yang bergerak cepat. Selain itu, dengan bertukar data paparan resolusi tinggi dengan sensor AF juga memungkinkan untuk menangkap subyek kehidupan liar dan menangkap aktivitas olahraga dengan baik.

Baca juga: Canon EOS R6, Kamera Mirrorless Full Frame Terbaru

EOS 850D memungkinkan untuk mengandalkan sistem autofocus hingga 45 titik secara otomatis dapat lebih fokus. Dengan catatan pendeteksian wajah subyek saat pemotretan menggunakan jendela bidik.

Pengguna juga dapat memanfaatkan modus video dan Live View untuk mempermudah sistem autofokusnya. Selain itu juga untuk mendukung pelacakan fokus pada wajah serta mata dari subyek.

AF Deteksi Mata memungkinkan kamera untuk tetap tajam saat memotret. Kontrol yang tepat pada titik fokus dalam mode Live View akan didukung oleh Dual Pixel CMOS AF dengan menggunakan 143 mode otomatis atau 3.975 dalam pemilihan manual.

Fitur menarik lain yang disuguhkan oleh Canon EOS 850D adalah layar sentuh vari-angle 3 inci. Selain itu juga telah didukung konektifitas berupa Wifi dan Bluetooth. Pada sektor memory menggunakan SD/SDHC/SDXC atau UHS-I support.

Harga dan Ketersediaan

Body kamera dilengkapi dengan tombol panggil atas dan belakang. Sehingga dapat dikontrol secara ganda mengenai kecepatan dan aperture. Selain itu juga terdapat tombol kontrol cepat untuk mengubah pengaturan agar lebih cepat.

Baca juga: Canon EOS R5 Usung Spek Gahar, Kamera Mirrorless Full Frame Idaman

Tambahan tombol AF-On di belakang akan bermanfaat untuk pemfokusan tombol kembali. Bahan yang digunakan kamera ini sangat kuat dan tahan pukulan atau beban di atasnya.

Peningkatan fitur pada kamera terbaru dari Canon ini akan memberikan pengalaman pemotretan yang lebih cepat. Begitu pula saat memotret fotografi pada aksi atau obyek yang bergerak.

Canon dijual dengan harga mulai daru 749,99 US Dollar untuk bodynya saja. Sementara untuk versi kit dengan lensa EF-S 18-55mm F4-5.6 IS STM 899,99 US Dollar. Canon EOS 850D ini kemungkinan akan dirilis pada bulan April 2020. (R10/HR-Online)