Kamis, Mei 19, 2022
BerandaArtikelCanon EOS R6, Kamera Mirrorless Full Frame Terbaru

Canon EOS R6, Kamera Mirrorless Full Frame Terbaru

Canon EOS R6 adalah kamera mirrorless full frame baru yang diumumkan oleh Canon. Kamera ini akan diumumkan di Photokina 2020 pada bulan Mei mendatang. Kemungkinan akan dirilis secara resmi pada Juni 2020.

Rumor mengenai bocoran empat kamera full frame yang akan dirilis Canon tahun ini terus bermunculan. Salah satunya adalah kamera dengan performa yang handal EOS R6.

Nama kamera yang sebelumnya dijuluki Canon EOS Rm, kini telah resmi mempunyai nama EOS R6. Spesifikasi menarik dari Canon Rumours juga muncul setelah bocornya nama baru EOS R6.

Spesifikasi Canon EOS R6

Secara keseluruhan spesifikasi yang dimiliki kamera ini sangat baik dan canggih. Kebutuhan fotografi akan lebih optimal hasilnya dengan menggunakan kamera ini.

Berdasarkan Canon Rumours tentang EOS R6 yang telah bocor, kamera ini dikabarkan mempunyai sensor 20 MP full frame. Selain itu juga memakai In Body Image Stabilization atau IBIS.

Kemungkinan EOS R6 akan diumumkan bulan Mei, sementara untuk ketersediaannya pada bulan Juni. Dengan demikian, berarti akan diumumkan setelah EOS R5.

EOS R6 mempunyai sensor CMOS full frame 26.2 MP. Kamera ini juga mempunyai stabilitas gambar seperti pada Canon EOS R5.

Mampu menghasilkan video 4K yang berkecepatan 60p. Kamera ini juga dikabarkan disertai dengan Wifi 5 GHz built-in. 

Mengenai baterai, belum ada info yang pasti. Apakah baterai yang ditanamkan juga sama dengan yang dimiliki oleh EOS R5.

Namun, kemungkinan baterai tersebut mempunyai kapasitas yang besar. Sehingga mempunyai daya tahan yang cukup lama. Kegiatan fotografi tidak akan terhambat karena harus cepat-cepat mengisi daya baterai kembali.

Canon EOS R6 mampu menggunakan rana mekanis 12 fps.  Selain itu juga telah memakai rana elektronik 20 fps.

Hal tersebut akan membuat pengguna lebih percaya diri saat memakai. Dari spesifikasi yang bocor juga dipercayai jika kamera akan menjadi entri yang lebih efisien daripada kamera lainnya.

Misteri Canon EOS R6

Secara jelas belum dapat dipastikan apakah EOS R6 akan duduk di jajaran full frame Canon. Perusahaan ini akan meluncurkan empat kamera yang serupa pada tahun 2020.

EOS R6 akan muncul sebagai kamera ketiga setelah diumumkannya Canon 1DX Mark III dan EOS R5. Kamera yang terakhir tentu akan menjadi pilihan yang friendly dan beresolusi tinggi di jajaran mirrorless.

Kemungkinan akan menjadi pilihan tanpa cermin full frame bagi pemula. Peran ini mungkin diturunkan dari Canon EOS RP. EOS RP ini setara dengan DSLR 6D Mark II.

Canon Rumours mengatakan sensor 20 MP ini mempunyai potensi yang sama dengan yang dimiliki 1DX Mark III. Dukungan IBIS juga masih kurang begitu jelas menurut kabar yang beredar.

Sensor 20 MP yang dimiliki kamera ini merupakan downgrade yang cukup signifikan dari sensor 30,3 MP pada EOS R. Bahkan 26,2 MP yang disematkan pada EOS R6 akan lebih terjangkau.

Stabilitas gambar dalam tubuh atau IBIS yang disematkan dalam R6 merupakan perubahan dari versi sebelumnya. Fitur ini wajib dimiliki oleh kamera entry level ini.

Hal tersebut untuk lebih menunjang para pecinta Canon saat membidik agar mengurangi goyah tanpa merasa terbatas pada lensa dengan OIS. Sehingga akan menghasilkan visual yang jernih dan tajam.

Harga EOS R6

EOS R6 seharusnya lebih murah dari kamera EOS R5 dan EOS RS. Karena hanya menggunakan fitur 20 frame sensor full MP dan 5 IBIS.  Untuk masalah harga yang ditawarkan, belum ada infonya.

Selain itu, untuk fotografer di pasar kelas kakap full frame entry level, kamera R6 kemungkinan harganya akan lebih terjangkau.

Gambaran mengenai kamera ini secara jelas dan detail dapat dilihat saat mendekati peluncurannya pada bulan Mei mendatang. Untuk saat ini, spesifikasi hanya sebatas desain dan sedikit performanya saja.

Analisis kebocoran ini akan memberikan sedikit penjelasan bagi para penggemar Canon. Kita tunggu saja kehadiran Canon EOS R6 dengan penuh kesabaran. Semoga ulasan dari kami akan memberikan manfaat bagi anda para pecinta Canon untuk menentukan pilihan kamera yang tepat. (R10/HR-Online)

- Advertisment -